ARTIKEL

Cara Mudah Kenalkan Anak Tentang Social Distancing

Apr 22, 2020 11:11am

Harus berdiam diri di rumah memang hal yang membosankan, apalagi untuk anak-anak. Meski begitu, Bunda tetap harus memberi penjelasan kepada sang buah hati tentang apa yang sedang terjadi dan pentingnya social distancing guna mencegah penyebaran virus Corona supaya tidak semakin meluas.

 

Namun sebelum menjelaskan tentang apa itu social distancing kepada anak, sudahkah Bunda memahaminya? Simak terlebih dahulu informasi mengenai social distancing yang mungkin belum Bunda ketahui.

 

Apa yang Bunda harus tahu soal social distancing

Sebelum mengajarkan anak tentang pentingnya mematuhi himbauan social distancing, Bunda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu social distancing dan mengapa diperlukan sebagai langkah preventif terhadap wabah COVID-19. Social distancing tidak semata-mata dilakukan untuk mencegah Anda dan keluarga dari paparan virus Corona, tetapi juga memutus mata rantai virus mematikan ini.

 

Mengapa social distancing tidak diberlakukan bagi orang yang sakit saja? Kenyataannya, banyak kasus di mana seseorang yang terjangkit virus ini tidak mengalami gejala sama sekali atau biasa disebut asymptomatic. Kemungkinan ini lah yang dapat membahayakan orang sekitar jika tidak diberlakukan social distancing.

 

Pertama, virus Corona ditularkan melalui air liur yang keluar saat batuk, bersin, atau berbicara. Maka dari itu, social distancing diperlukan untuk mencegah Anda dan keluarga terkena semburan air liur dari orang lain. Kedua, belum ditemukan vaksin maupun obat untuk virus Corona. Sangat sulit untuk menghentikan penyebaran virus ini, sehingga diperlukan social distancing untuk meminimalisir korban.

 

Saat beraktivitas di luar rumah, setiap orang yang sehat perlu memakai masker kain dan berjauhan satu sama lain setidaknya dalam jarak 1 meter. Hal ini untuk mencegah penularan virus secara masif.

 

Setelah mengetahui lebih lanjut tentang social distancing, Bunda sudah siap untuk ikut serta dalam mencegah transmisi virus Corona. Selanjutnya, Bunda perlu untuk menjelaskan pada si kecil mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan menaati aturan social distancing.

 

Mengapa anak juga perlu tahu

Anak-anak akan sering bertanya mengapa mereka harus sekolah dari rumah sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Sebagai orang tua, Bunda memiliki kewajiban untuk menjelaskan mengenai wabah COVID-19, social distancing, dan kondisi terkini yang dialami semua orang. Tidak perlu secara detail, yang penting anak dapat memahaminya dengan mudah dan tidak lagi khawatir mengenai wabah ini.

 

Beberapa orang tua mungkin merasa bahwa anak tidak perlu tahu mengenai pandemik global ini. Bisa jadi karena takut anak akan bingung dan khawatir dengan situasi terkini atau tidak paham bagaimana cara menjelaskannya kepada anak. Akan tetapi, menjelaskan tentang COVID-19 dan social distancing kepada anak ternyata sangat diperlukan.

 

Jika anak-anak tidak diberitahu mengenai bahaya virus Corona, akan sulit bagi Bunda untuk mengajarkan mereka untuk cuci tangan secara rutin dan menjaga kebersihan. Apalagi, anak-anak cenderung suka memasukkan tangan atau barang ke mulut..

 

Selain itu, anak yang memahami pandemik ini dan social distancing akan lebih tenang dalam menyikapi keadaan. Dr. Neha Chaudhary, seorang psikiater anak dari Massachusetts General Hospital mengungkapkan bahwa memberi tahu tentang bahaya virus Corona serta bagaimana cara mencegah virus itu masuk ke dalam tubuh dapat mencegah rasa takut timbul dalam diri anak.

 

Cara mudah yang dapat diikuti oleh si kecil

Anak-anak akan lebih mudah memahami aturan social distancing dan menjaga kebersihan jika dilakukan oleh orang tua. Ajarkan mereka cara mencuci tangan yang baik dan benar, Bunda juga bisa menggunakan video-video animasi seperti kartun ini agar anak lebih semangat untuk cuci tangan secara rutin.

 

Beri anak penjelasan mengenai penularan virus Corona dan cara mencegah paparan virus, seperti social distancing dan memakai masker. Dengan begitu, anak akan lebih mudah memahami situasi yang sedang terjadi. Terus jawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan sang buah hati, seperti misalnya mengapa dia tidak bisa bertemu teman atau sampai kapan dia harus tetap di dalam rumah.

 

Hibur anak dengan melakukan aktivitas-aktivitas seru dan mengerjakan tugas sekolah yang diberikan guru. Dampingi mereka agar tumbuh kembangnya tidak terhambat saat social distancing. Sebisa mungkin cegah mereka untuk keluar dari rumah, namun Bunda bisa sesekali mengajak anak untuk berjalan santai sambil mengenakan masker kain.

 

Berikan jawaban jujur pada setiap pertanyaan anak tanpa menimbulkan rasa takut. Beri pengertian secukupnya bagi sang buah hati agar mereka mengerti betapa pentingnya menjaga kebersihan dan tetap diam di dalam rumah selama wabah COVID-19 berlangsung. Bersama-sama, kita bisa melewati rintangan ini.

 

 

Meta desc: Social distancing jadi praktik untuk mencegah penyebaran virus, begini cara mengenalkannya pada anak.

Sources:

https://www.liputan6.com/bola/read/4213314/penerapan-social-distancing-yang-tepat-pada-anak-di-tengah-pandemi-corona-covid-19

https://www.healthline.com/health-news/social-distancing-is-important-for-kids-too

https://www.forbes.com/sites/tarahaelle/2020/03/18/talking-to-your-kids-about-coronavirus-and-social-distancing/#71927f7b2c15

Tags:

Halaman