ARTIKEL

Cara Menurunkan Panas Anak yang Tepat dalam Berbagai Kondisi

Dec 30, 2020 10:27am

Bunda, si kecil pernah mendadak panas dan lebih rewel? Jika ya, maka kemungkinan besar si kecil sedang demam. Ada berbagai cara alternatif yang bisa dilakukan sebagai cara menurunkan panas anak. Namun, tidak semuanya bisa efektif meredakan panas anak, terlebih jika demam si kecil belum kunjung reda dalam 3 hari.

 

Tidak perlu panik, Bunda bisa melihat cara-cara menurunkan panas anak di bawah ini, sesuai dengan kondisi si kecil.

 

Plester kompres demam sebagai pertolongan pertama

Ketika anak mengalami panas atau demam tinggi, tidak selalu menjadi gejala penyakit yang lebih serius, justru sebaliknya. Demam umumnya menjadi cara tubuh anak dalam melawan infeksi virus. Meski begitu, si kecil jelas jadi merasa tidak nyaman karena panas tubuh yang tinggi.

 

Bunda bisa menggunakan cara menurunkan panas yang paling simple, yakni dengan menempelkan plester kompres demam seperti Termorex Patch. Bunda bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk mengoptimalkan sensasi dingin dari hidrogel dan menthol dalam plester kompres.

 

Termorex Patch aktif menurunkan panas dengan rasa dingin yang tahan hingga 8 jam. Termorex Patch praktis dibawa saat bepergian, bisa ditempelkan di dahi, lipatan ketiak, pergelangan tangan, lipatan paha, dan leher anak. Aman juga untuk dipakaikan ke bayi dan anak dalam segala usia.

 

Panas yang disertai gejala flu

Di tengah musim hujan seperti sekarang ini, si kecil semakin rentan terkena sakit flu yang biasanya disertai oleh gejala demam, pilek, sakit kepala, hingga batuk. Namun, Bunda sebaiknya tidak memberikan lebih dari satu macam obat untuk menyembuhkan semua gejala flu tersebut. Ada cara menurunkan panas sekaligus gejala flu lainnya yang lebih praktis serta aman bagi si kecil.

 

Berikan saja Termorex Plus dengan rasa jeruk yang enak dan bebas alkohol. Cara menurunkan panas dengan sirup obat Termorex Plus juga sangat mudah untuk dilakukan. Untuk anak usia 2-5 tahun, berikan Termorex Plus sebanyak 3 kali sehari dengan 1 sendok takar. Sementara untuk menyembuhkan gejala flu pada anak usia 6-12 tahun, berikan Termorex Plus sebanyak 3x sehari dengan 2 sendok takar.

 

Bagaimana untuk bayi?

Saat bayi mengalami demam yang tak kunjung menurun, Bunda tidak boleh memberikan sembarang obat. Tubuh si kecil yang belum memiliki imunitas yang terbentuk penuh lebih rentan terkena infeksi virus, sehingga tubuhnya juga belum siap untuk menerima dosis obat yang terlampau tinggi.

 

Namun, Bunda tidak perlu khawatir. Termorex Baby bisa Bunda gunakan sebagai cara menurunkan panas pada bayi yang aman karena sudah diformulasikan khusus bagi bayi, bebas alkohol, dan terasa manis seperti jeruk. Bagaimana takaran dosisnya? Berikan Termorex Baby 3-4 kali sehari dengan takaran dosis sebagai berikut:

 

  • Bayi di bawah umur 1 tahun: 1 penetes atau ½ sendok takar
  • Bayi berumur 1-2 tahun: 1-2 penetes atau 1 sendok takar
  • Anak berumur 2-3 tahun: 2 penetes atau 1½ sendok takar
  • Anak berumur 4-5 tahun: 3 penetes atau 1½-2 sendok takar
  • Anak di atas umur 6 tahun: 2-3 sendok takar

 

1 penetes berisi 0,6 ml obat.

 

Saat si kecil panas disertai sakit kepala dan sakit gigi

Panas atau demam tinggi tidak hanya disebabkan oleh infeksi virus saja, tetapi juga sebagai respon tubuh setelah imunisasi. Dalam beberapa kasus, demam pada anak juga bisa disebabkan oleh faktor tumbuh gigi. Umumnya, demam seperti ini disertai dengan sakit kepala dan sakit gigi yang membuat si kecil jadi tidak nyaman.

 

Jika sudah seperti ini, Bunda bisa menggunakan cara menurunkan panas dengan Termorex Sirup Turun Panas. Obat penurun panas ini bebas alkohol dan memiliki rasa manis seperti jeruk, sehingga aman diberikan untuk bayi dan anak-anak. Termorex Sirup Turun Panas bisa diberikan 3-4 kali sehari.

 

Bagi bayi di bawah umur 1 tahun, dianjurkan untuk meminum ½ sendok takar. Untuk batita berusia 1-2 tahun, sebaiknya diberikan dosis obat sebanyak 1 sendok takar. Bagi anak berusia 3-6 tahun, berikan Termorex Sirup Turun Panas sebanyak 1-2 sendok takar. Untuk anak di atas usia 6 tahun, Bunda bisa menaikkan dosis obat menjadi 2-3 sendok takar.

 

Itulah cara-cara menurunkan panas anak sesuai dengan kondisi si kecil. Bunda, selalu simpan obat-obatan penurun demam seperti rangkaian Termorex, mulai dari plester kompres demam hingga sirup obat, agar Bunda bisa langsung memberikan penanganan pertama begitu suhu tubuh si kecil meningkat.

Tags:

Halaman