ARTIKEL

Cara Memilih Makanan Sehat untuk Keluarga

Jul 30, 2020 10:00am

Penting untuk memiliki dan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Gaya hidup sehat bisa dimulai dari rumah dengan membiasakan mengonsumsi makanan sehat untuk setiap anggota keluarga. Makanan sehat adalah makanan yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin, protein, karbohidrat, mineral, dsb. Berikut adalah beberapa contoh makanan sehat yang bisa mulai Bunda sediakan di rumah.

 

Sayuran aneka warna

Menyertakan sayur-sayuran pada menu makanan sehari-hari Bunda dan keluarga akan memberikan banyak sekali manfaat. Sayur-sayuran hijau mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Tidak hanya kaya akan serat, sayuran hijau juga ada yang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata seperti kangkung, atau sayur pakis yang memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Selain sayur-sayuran yang serba hijau, Bunda juga bisa menyajikan menu makanan sehat dari sayuran dengan aneka warna. Tidak hanya sehat, sayuran beraneka warna juga terlihat menarik saat disajikan. Misalnya wortel yang kaya dengan zat antioksidan yang dapat diolah tubuh menjadi vitamin A sehingga melindungi mata dari radikal bebas. Contoh lain ada terong yang mengandung asam folat yang tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan sistem saraf. Bunda juga bisa memanfaatkan sayur sawi yang mengandung magnesium dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

 

Protein dari daging atau ikan

Memilih makanan sehat yang mengandung protein juga perlu Bunda lakukan. Protein berperan sebagai salah satu sumber energi tubuh. Protein juga bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta membentuk antibodi.

 

Kandungan protein ini bisa Bunda dapatkan dari daging atau ikan. Daging yang memiliki protein tinggi adalah daging sapi atau dada ayam tanpa kulit. Semantara ikan yang memiliki banyak kandungan protein adalah ikan tuna dan ikan salmon. Selain daging dan ikan, telur juga bisa jadi salah satu pilihan makanan dengan kandungan berprotein.

 

Pilih yang masih segar

Memilih makanan sehat tidak hanya dilakukan berdasarkan kandungannya yang bermanfaat saja. Bunda juga perlu memastikan bahwa bahan makanan yang akan Bunda olah masih segar. Bahan makanan yang tidak segar akan semakin berkurang manfaatnya karena kandungan-kandungan baik di dalam bahan makanan tersebut sudah berkurang atau bahkan rusak seluruhnya.

 

Ganti camilan dengan buah-buahan

Jika Bunda atau si kecil sangat menyukai camilan, khususnya camilan yang menggunakan penyedap rasa secara berlebihan, sebaiknya segera Bunda harus batas. Terlalu sering mengonsumsi camilan seperti ini dapat mengakibatkan sakit kepala, tekanan darah tidak stabil, mual, hingga obesitas.

 

Daripada mengonsumsi camilan dalam kemasan, Bunda bisa menggantinya dengan camilan sehat berupa buah-buahan. Misalnya buah apel yang mengandung flavonoid yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah. Bisa juga menggantinya dengan buah pepaya karena mengandung enzim papain yang tinggi sehingga baik untuk membantu sistem pencernaan, terutama membantu tubuh mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

 

Masih ada lebih banyak buah-buahan, sayur, serta jenis makanan sehat lainnya yang juga kaya akan nutrisi baik bagi tubuh. Demi membiasakan si kecil mengonsumsi makanan sehat sejak dini, Bunda harus mencari tahu lebih banyak tentang manfaat atau kandungan setiap jenis makanan sebelum memutuskan akan mengolahnya untuk disantap bersama keluarga di rumah, ya!

Tags:

Halaman