ARTIKEL

Bunda Perlu Tahu, Ini 5 Fakta Demam pada Bayi

Feb 06, 2023 10:54am

Bunda tentu merasa cemas saat anak demam, khususnya pada bayi dan balita. Namun jangan panik ketika anak terserang demam ya, Bunda. Penanganan yang tepat membantu suhu tubuh anak turun lebih cepat.

Beda usia tentu akan berbeda pula penanganannya. Pada bayi, umumnya kondisi demam jika suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Biar lebih paham, coba cek beberapa fakta demam pada bayi berikut ini, Bunda.

Demam tidak hanya disebabkan oleh bakteri

Demam pada bayi biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Namun, demam yang disebabkan infeksi virus berbeda dengan yang disebabkan oleh bakteri. Demam akibat virus contohnya yaitu ISPA dan diare. Sementara demam akibat bakteri misalnya infeksi telinga, infeksi saluran kemih, atau pneumonia yang disebabkan bakteri.

Selain itu, demam pada bayi juga bisa disebabkan oleh suhu udara yang panas, pakaian yang terlalu tebal dan tertutup, imunisasi, tumbuh gigi, serta penyakit autoimun.

Mengukur suhu tubuh anak lebih akurat melalui anus

Pengukuran suhu tubuh pada anak biasanya melalui ketiak, dahi, atau telinga. Tapi ternyata Bunda, mengukur suhu tubuh anak yang lebih akurat adalah melalui anus. Namun sebelum mengukur suhu tubuh anak, pastikan termometer yang digunakan telah dicuci bersih.

Selanjutnya, oleskan petroleum jelly pada ujung thermometer. Lalu masukkan thermometer ke dalam anus sekitar 2,5 cm dan diamkan selama 2 menit atau hingga termometer berbunyi. Keluarkan termometer secara perlahan-lahan ya, Bunda.

Atasi Gejalanya

Bayi yang demam tidak selalu rewel dan lesu. Bayi dengan suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat celcius tidak selalu membutuhkan obat demam. Agar si kecil merasa nyaman saat demam, Bunda bisa memberikan lebih banyak ASI atau susu formula. Untuk bayi di atas usia 6 bulan, Bunda bisa memberikan air putih untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, memandikan si kecil dengan air hangat juga bisa membantu menurunkan suhu tubuhnya. Berikan anak baju yang tipis agar ia merasa nyaman dan hindari memberikannya selimut tebal. Agar suhu tubuhnya turun, Bunda juga bisa berikan plester kompres demam di dahi atau ketiaknya.

Waktu yang tepat memberikan anak obat penurun panas

Bila kompres demam belum terlalu menurunkan suhu tubuh si kecil, Bunda bisa memberikannya obat penurun panas. Namun pastikan Bunda hanya memberikan obat demam khusus anak sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 

Untuk menurunkan panas, meredakan demam pada bayi, Bunda bisa memberikan Termorex Baby.

Selalu sediakan obat-obatan untuk keluarga di rumah. Bunda bisa mendapatkan obat-obatan yang aman dan terpercaya di Konimexstore. Segera bawa si kecil ke dokter jika kondisi kesehatannya semakin memburuk.

Bahaya demam pada anak di bawah usia 3 bulan

Demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius pada anak di bawah usia 3 bulan adalah kondisi yang serius, Bunda. Jadi sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter apabila mengalami demam.

Selain fakta-fakta di atas, segera bawa anak ke dokter jika si kecil mengalami sesak napas, kejang, muntah, diare, serta terlihat sangat lesu. Semoga Bunda dan si kecil sehat selalu.

Tags:

Halaman