ARTIKEL

Bunda, Inilah Pentingnya Ungkapkan Cinta untuk Anak Setiap Hari

Mar 13, 2022 8:19am

Beberapa orang tua beranggapan bahwa merawat dan memenuhi semua kebutuhan anak menjadi bukti cinta dan sayang mereka terhadap sang buah hati. Tapi tahukah Bunda, mengungkapkan rasa cinta dan sayang pada anak juga sama pentingnya dan memengaruhi tumbuh kembang anak.

Mengungkapkan dan mengekspresikan perasaan sayang pada anak membantu anak tumbuh dengan baik dan merasa aman dalam lingkungan yang positif. Anak membutuhkan ungkapan sayang yang dari orang tuanya seperti dibelai, dipeluk, dicium, ucapan manis, hingga pujian untuk mereka. Beberapa manfaat mengungkapkan rasa cinta ke anak di antaranya sebagai berikut:

Mengajarkan Anak Mengekspresikan Perasaan Sayang

Tidak hanya sebatas meningkatkan bonding antara Bunda dan si kecil, mengungkapan rasa cinta dan sayang pada si kecil juga mengajarkannya bagaimana cara mengekspresikan perasaan. Setiap anak tentu memiliki rasa sayang terhadap orang tua atau apapun yang dekat dengannya. Tapi Bund, tidak semua anak punya keberanian untuk menunjukkan rasa sayang mereka.

Anak yang tidak terbiasa dengan kata dan ungkapan sayang dalam kesehariannya akan tumbuh menjadi sosok yang pemalu, bahkan untuk mengungkapkan perasaan sayangnya. Dengan Bunda membiasakan mengungkapkan rasa sayang pada anak akan membantunya untuk berani mengekspresikan perasaan sayang. Mereka juga tidak ragu untuk menunjukkan perasaan sayangnya terhadap Bunda seperti membantu, memeluk, dan mencium.

Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Pola asuh yang salah akan membuat anak tumbuh dan berkembang jadi anak yang pemalu dan kurang percaya diri. Mengungkapkan perasaan cinta dan sayang pada anak setiap hari dapat membantu anak tumbuh menjadi sosok yang percaya diri. Hal ini karena anak merasa kehadirannya jadi sesuatu yang disenangi semua orang, termasuk oleh Bunda. Sedangkan anak yang tumbuh tanpa adanya cinta hanya akan merasa dirinya sebagai sosok yang tidak diinginkan.

Membuat Anak Merasa Aman dan Nyaman di Tengah Keluarga

Anak yang tumbuh dengan ekspresi cinta dan sayang dari orang tuanya setiap hari akan merasa lebih aman dan nyaman berada di tengah keluarga. Hal ini juga termasuk pada tingkat self esteem dalam diri anak. Dimana anak dapat menerima dan menyayangi dirinya sendiri. Sementara pada anak dengan ungkapan cinta yang sedikit akan merasa dirinya tidak dianggap sehingga merasa asing berada di tengah keluarga.

Anak Lebih Terbuka untuk Bercerita pada Orang Tua

Tahukah Bunda, mengekspresikan perasaan sayang merupakan cara efektif dalam melatih kemampuan emosional dan sosialisasi anak. Ungkapan cinta yang Bunda berikan mengajarkan anak tentang kepuasan dalam tindakan memberi dan menerima. Anak juga akan lebih terbuka dan dengan mudah menceritakan apa yang ia alami dan rasakan pada orang tuanya.

Hari Valentine bisa menjadi momen untuk orang tua mengungkap rasa sayang ke anak dengan memberikan kado atau meluangkan waktu luang untuk makan keluarga bersama. Meski begitu, sebaiknya rasa sayang juga diungkapkan setiap hari, bukan hanya dari orang tua ke anak, namun juga ke pasangan agar anak merasakan hubungan keluarga yang hangat.

Tags:

Halaman