ARTIKEL

Bunda, Begini Cara Agar Anak Pandai Bersosialisasi Meski Pandemi Belum Berakhir

Nov 07, 2022 10:13am

Perubahan demi perubahan banyak terjadi selama masa pandemi. Salah satu yang paling terlihat yaitu adanya perubahan sosialisasi, khususnya pada anak-anak.

Anak-anak yang lahir di masa pandemi mengalami pertumbuhan yang berbeda dari anak-anak dari masa sebelumnya. Menjaga jarak, jarang keluar rumah atau keluar rumah seperlunya saja, membuat anak-anak memiliki lebih sedikit teman. Tentunya, hal ini berdampak pada perkembangan sosialisasi anak yang turut berpengaruh terhadap kemampuan berbicaranya.

Untuk itu, Bunda perlu lebih aktif dan kreatif agar tumbuh kembang anak tetap berjalan sesuai dengan usianya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak pandai bersosialisasi meskipun pandemi belum berakhir:

  1. Mengajak anak jalan-jalan sore di taman bermain

Buat jadwal rutin anak bermain di luar ruangan. Misalnya mengajak anak bermain di luar rumah pada sore hari. Bunda bisa mengajak si kecil jalan-jalan sore ke taman bermain. Bermain di luar membantu anak mengenal teman-teman sebaya yang ada di sekitar rumahnya.

Sambil bermain, Bunda juga bisa membawa makanan atau camilan, terutama jika si kecil enggan menyantap makanannya ketika berada di dalam rumah. Bermain dan bertemu teman-teman tentu akan membuat si kecil merasa lebih bahagia.

  1. Mengajak anak untuk menyapa tetangga yang lewat di depan rumah

Berdiam diri di rumah boleh-boleh saja, Bund. Tapi jangan lupa kenalkan si kecil pada tetangga-tetangga di sekitar rumahnya. Sesekali ajak si kecil bermain di teras rumah dan menyapa tetangga yang melewati dengan rumah. Lambat laun, anak mengenal siapa saja orang-orang terdekatnya selain keluarga inti di rumah.

  1. Mulai melakukan play date dengan saudara sepupu

Selain mengenalkan pada tetangga dan teman-teman di sekitar rumah, Bunda juga perlu mengenalkan si kecil pada saudara-saudara sepupunya. Kenalkan anak pada saudara sepupunya meskipun pandemi belum berakhir. Cobalah ajak si kecil play date bersama sepupu-sepupunya. Seperti bermain makan bersama di tempat makan atau restoran ramah anak, atau sesekali menonton serial anak bersama-sama. Sesekali lakukan ajak anak melakukan video call atau sekedar bertukar foto pada saudara sepupunya.

  1. Menonton atau membaca buku tentang persahabatan

Bunda juga bisa mengenalkan persahabatan pada si kecil di rumah. Seperti mengajaknya menonton serial dan film bertema persahabatan, atau membacakan buku tentang persahabatan sebelum si kecil tidur di malam hari. Berikan kesimpulan secara mudah dan sederhana setelah si kecil mendengarkan cerita Bunda.

  1. Mendaftarkan anak ke playgroup yang menerapkan protokol kesehatan ketat

Bila perlu, Bunda bisa mendaftarkan si kecil ke playgroup agar lebih pandai bersosialisasi. Sambil bermain dan belajar, anak akan lebih mudah bersosialisasi serta memiliki lebih banyak teman saat berada di playgroup. Namun pastikan playgroup yang Bunda pilih menerapkan protokol kesehatan yang ketat ya, Bunda.

Tags:

Halaman