ARTIKEL

Bisa Mulai Sejak Dini, Begini Cara Mengenalkan PHBS Kepada Anak

Sep 12, 2022 9:19am

Bund, pernah dengar tentang PHBS? Atau Bunda dan keluarga sudah menerapkannya di rumah?

Dilansir dari promkes.kemkes.go.id, PHBS merupakan singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri dalam hal kesehatan serta berperan aktif dalam aktivitas masyarakat.

PHBS merupakan langkah awal menuju peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Langkah ini menularkan pengalaman hidup bersih dan perilaku sehat antar individu dan kelompok masyarakat. Jadi, sangat penting mengajarkan PHBS pada anak sejak usia dini, Bunda.

Nah, biar lebih mudah mengajarkan PHBS pada si kecil, coba terapkan beberapa tips ini di rumah:

  1.   Mencuci tangan dengan sabun

Terapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir usai beraktivitas, sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari kamar mandi. Hal ini mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan diri sekaligus mencegah penularan berbagai jenis penyakit.

  1.   Membuang sampah pada tempatnya

Selain menjaga kebersihan badan, Bunda juga perlu mengajarkan si kecil untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Salah satunya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Bunda bisa mengajarkan mulai dari hal kecil, seperti membuang sisa makanannya atau kemasan pembungkus makanannya ke tempat sampah.

  1.   Menjaga kebersihan diri

Selain rajin mencuci tangan, biasakan juga si kecil untuk menjaga kebersihan tubuh lainnya. seperti mandi 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, rutin memotong kuku yang panjang, serta menyikat gigi 2 kali sehari yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

  1.   Mengonsumsi makanan sehat dan bersih

Kurangi konsumsi makanan cepat saji. Biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bersih. Konsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin serta serat yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi makanan sehat dan bersih juga membantu meningkatkan imunitas tubuh Bunda dan keluarga.

  1.   Melakukan aktivitas fisik yang cukup

Jangan lupa untuk aktif bergerak ya, Bunda. Batasi screen time pada anak dan ajak anak aktif bergerak. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau berlari. Bisa juga mengajak si kecil ikut membersihkan rumah dan bermain bersama.

  1.   Minum vitamin jika perlu

Bila diperlukan, berikan si kecil asupan suplemen dan vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Terutama bila ada salah satu anggota keluarga yang menunjukkan gejala sakit.

  1.   Siapkan obat-obatan yang perlu dikonsumsi secara periodik dan rutin

Jangan lupa untuk selalu siap sedia obat-obatan di rumah. Terutama jenis obat yang dikonsumsi secara periodik dan rutin. Seperti obat cacing yang perlu diminum setiap 6 bulan sekali.

Perlu diingat Bunda, penyakit cacingan tidak hanya menyerang anak-anak. orang dewasa juga bisa terserang infeksi cacing dengan gejala yang berbeda-beda. Untuk itu, mintalah seluruh anggota keluarga untuk rutin minum Konvermex setiap 6 bulan sekali. 

Konvermex adalah obat cacing keluarga dalam bentuk suspensi dan tablet/kaplet yang mengandung Pyrantel Pamoate yang dapat melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar.

Bunda bisa mendapatkan obat cacing dan obat-obatan lainnya yang aman dan terpercaya di Konimexstore. Segera temui dokter jika kondisi kesehatan anak semakin buruk.

Tags:

Halaman