ARTIKEL

Awas Bund, Ciri-ciri Ini Jadi Tanda Si Kecil Alami Dehidrasi Saat Demam!

Mar 07, 2022 4:52pm

Saat demam, tubuh kehilangan cairan lebih banyak dari biasanya. Akibatnya tubuh akan kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Nah Bunda, jangan anggap sepele dehidrasi pada anak ya. Meskipun dehidrasi ringan umum terjadi saat anak demam, Bunda perlu segera mengatasinya agar tidak semakin parah.

Demam jadi salah satu penyebab tubuh kekurangan cairan. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami dehidrasi, terutama saat demam. Jika tidak segera ditangani, dehidrasi pada anak dapat bertambah parah dan membahayakan kesehatan si kecil. Untuk itu, Bunda perlu tahu ciri-ciri dehidrasi pada anak saat demam berikut ini:

 

  • Bibir dan Mulut Kering

 

Ciri dehidrasi ringan pada anak saat demam yang terlihat jelas adalah mulut anak yang tampak kering. Kondisi ini juga bisa disertai dengan bibir pecah-pecah. Tidak hanya area mulut, biasanya kulit anak juga akan terlihat kering saat mengalami dehidrasi.

 

  • Frekuensi Buang Air Kecil Berkurang

 

Ciri-ciri dehidrasi pada anak saat demam selanjutnya adalah berkurangnya frekuensi buang air kecil. Bahkan, si kecil tidak buang air kecil sama sekali selama 8 jam. Untuk si kecil yang masih memakai popok, akan terlihat area popok yang masih kering atau tidak menggembung seperti biasanya setelah pemakaian beberapa jam.

 

  • Warna Urin Pekat

 

Tidak hanya frekuensi buang air kecil yang berkurang, warna urin juga terlihat lebih pekat saat anak mengalami dehidrasi. Saat si kecil mengalami dehidrasi saat demam, warna urin yang dikeluarkan akan lebih gelap dari biasanya.

 

  • Badan Lemas

 

Ciri lainnya saat anak dehidrasi adalah kondisi badan yang lemas. Kekurangan cairan ditambah dengan suhu tubuh yang tinggi turut menguras energi dari dalam tubuh anak. Akibatnya anak terlihat kelelahan serta mata terlihat lebih cekung.

 

  • Pusing 

 

Pusing juga bisa menjadi tanda anak mengalami dehidrasi. Biasanya kondisi ini disertai dengan anak terlihat lesu dan mengantuk. Jika si kecil mengeluhkan sakit pada kepalanya, sebaiknya Bunda segera berikan ia air minum untuk mencegah dehidrasi bertambah parah.

 

  • Hilang Kesadaran

 

Dehidrasi ringan dapat berubah semakin parah jika tidak segera ditangani. Akibatnya, anak bisa kehilangan kesadaran atau pingsan karena dehidrasi saat demam.

Jadi, jangan abaikan beberapa ciri dehidrasi pada anak di atas. Segera atasi dehidrasi pada anak dengan memberikan asupan cairan yang cukup. Bisa juga dengan memberikan anak buah dan sayur yang mengandung banyak air. Jangan berikan si kecil minuman berkafein seperti teh, minuman bersoda, dan coklat. Serta pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup.

Untuk penanganan demam di rumah, Bunda bisa memilih obat penurun demam yang mengandung paracetamol dan tanpa alkohol di Konimexstore. Bunda juga bisa menggunakan plester demam yang praktis dan efektif menurunkan suhu tubuh pada anak.

Tags:

Halaman