ARTIKEL

Angka Kasus Semakin Tinggi, Kenali Gejala Omicron Pada Anak

Mar 11, 2022 2:38pm

Lonjakan kasus Covid-19 semakin meningkat akibat penyebaran varian Omicron yang semakin meluas, termasuk di Indonesia. Serupa dengan varian Covid-19 lainnya yang menyebar dengan cepat, Omicron juga menyerang semua kalangan dan usia yaitu dewasa, lansia, komorbid, bahkan anak-anak termasuk balita dan bayi.

Dilansir dari Health Detik, Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), mengemukakan data kasus terkonfirmasi anak yang positif Covid-19 di Indonesia mencapai 7.990 per 7 Februari 2022.

Meski diklaim lebih ringan dibandingkan dengan varian lainnya, Bunda perlu waspada dan mengetahui gejala Omicron pada anak-anak. Beberapa gejala Omicron pada anak yang perlu Bunda ketahui di antaranya sebagai berikut:

  1. Demam

Gejala Omicron pada anak lebih ringan dan menyerang saluran pernapasan atas. Gejalanya hampir mirip dengan flu biasa yaitu demam, batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan. Segera berikan penanganan yang tepat saat suhu tubuh anak meningkat. Berikan obat penurun panas khusus anak untuk meredakan demam.

  1. Napas Terdengar Serak dan Berisik

Gejala khas varian Omicron yang sering dirasakan adalah sakit di tenggorokan. Pada anak-anak, gejala khas yang terlihat adalah napas terdengar serak dan berisik. Bahkan anak juga bisa mengalami sesak napas dan kelelahan. Kondisi ini dikarenakan saluran napas bagian atas pada anak lebih sempit dibandingkan dengan orang dewasa.

  1. Anak Mengalami Batuk Keras seperti Menggonggong yang Disebut Croup 

Gejala Omicron pada anak lainnya yang mudah dikenali adalah batuk keras seperti anjing laut yang menggonggong atau disebut juga Croup. Kondisi ini merupakan gejala Omicron yang paling parah pada anak-anak.

  1. Pada Beberapa Kasus Terdapat Ruam Merah pada Kulit

Meski jarang dirasakan, gejala Omicron lainnya yang bisa dialami anak-anak adalah peradangan pada kulit. Cobalah Bunda perhatikan saat anak mengalami demam atau batuk, apakah terdapat ruam merah pada kulitnya juga?

Gejala Omicron memang mirip dengan gejala flu dan demam biasa. Untuk itu, jika si kecil mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya Bunda segera memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

Untuk info kesehatan dan parenting, Bunda juga bisa cek di Instagram Panduan Bunda atau klik link ini ya : https://www.instagram.com/panduanbunda/ 

Tags:

Halaman