ARTIKEL

6 Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Jun 19, 2019 11:43am

Untuk menjaga kesehatan dan mendorong tumbuh kembangnya secara optimal, anak harus makan dengan lancar. Bunda harus memberikan makanan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tumbuh menjadi anak yang sehat. Tapi, bagaimana jika anak susah makan? Tentu kondisi ini tidak boleh dibiarkan. Ketahui beberapa tips mengatasi anak yang sudah makan di bawah ini!

 

Berikan anak menu makan berbeda setiap hari

Apakah Bunda suka memberikan anak menu makanan yang sama setiap harinya? Jika iya, itu mungkin penyebab anak susah makan, Bunda. Jadi, ada baiknya Bunda mulai memberikan anak menu makan berbeda setiap hari untuk mendorong nafsu makannya. Tanyakan pada anak apa yang ingin ia makan, sehingga Bunda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan gizi buah hati. Tidak hanya mengubah menu makanan, mengubah tampilan makanan juga bisa membuat anak susah makan menjadi lebih mau makan. Penyajian yang menarik akan merangsang nafsu makannya.

 

Makan bersama

Bunda pasti tahu bahwa anak adalah peniru yang andal, bukan? Jadi, berikanlah ia contoh dan kesempatan untuk meniru kebiasaan makan berbagai makanan bersama. Bunda bisa mengadakan acara makan keluarga dengan rutin, misalnya dengan menyantap makan malam bersama setiap harinya. Dengan makan bersama, anak akan melihat bagaimana Bunda dan anggota keluarga lainnya mengonsumsi berbagai jenis makanan. Hal tersebut mungkin membuat anak susah makan menjadi lebih semangat makan, sembari menikmati kebersamaan bersama keluarga.

 

Gunakan peralatan makan kesukaannya

Apakah anak Bunda memiliki karakter kartun kesukaan? Bunda bisa memanfaatkan kesukaan si kecil tersebut untuk membuatnya lebih semangat makan. Gunakan perlengkapan makan dengan gambar tokoh kesukaan atau warna yang ia sukai. Bisa jadi perlengkapan makan yang menarik tersebut dapat membuatnya semangat untuk makan. Sediakan beberapa perlengkapan makan yang berbeda jika perlu dan lihat apakah cara ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk membuat anak susah makan menjadi lebih mudah makan.

 

Jangan berikan makanan dalam jumlah terlalu banyak

Kapasitas perut anak tentu berbeda dengan perut orang dewasa, oleh karena itu Bunda tidak perlu memaksakannya. Batasilah jumlah jenis makanan yang dikonsumsi si kecil, misalnya satu hingga dua jenis makanan saja. Jika memberikannya terlalu banyak jenis makanan dalam waktu sekali makan, anak mungkin saja merasa terbebani dengan banyaknya makanan yang harus ia konsumsi dan membuatnya susah makan, Bunda. Agar anak bisa menyantap hidangan dengan nyaman, pastikan juga Bunda memberikannya makanan dalam porsi kecil, ya.

 

Undang teman anak untuk makan bersama

Terkadang anak susah makan dapat menjadi lebih semangat untuk menyantap makanan jika ia bersama dengan teman-temannya. Melihat teman-temannya makan dengan lahap juga sangat mungkin untuk memicu dan mendorong nafsu makan si kecil. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Bunda sekali-sekali mengajak teman-teman anak untuk makan bersama. Hal ini patut dicoba, khususnya bila anak Bunda sangat susah makan.

 

Biarkan anak fokus makan

Satu lagi cara mengatasi anak susah makan, yakni membiarkannya fokus untuk makan. Sebaiknya, jangan biarkan anak menonton televisi, bermain, atau melakukan hal-hal yang dapat memengaruhi fokusnya untuk makan, Bunda. Saat waktunya makan, pastikan anak fokus untuk makan. Jika ia melakukan kegiatan selain makan yang dianggap lebih seru, pantas saja jika ia akan menjadi susah makan. Jadi, pastikan Bunda membiarkan anak fokus makan dan jauhkan dari berbagai macam pengalihan.

 

Bunda bisa mencoba beberapa cara mengatasi anak susah makan yang disebutkan di atas dan lihat sendiri perbedaannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Bunda!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait