ARTIKEL

6 Makanan yang Bisa Membantu Merangsang Pertumbuhan Gigi Anak

Jun 27, 2019 6:16pm

Orang tua mana yang tidak merasa senang saat anak mengalami pertumbuhan gigi pertamanya? Selain si kecil terlihat semakin lucu, pertumbuhan gigi anak juga mempercepat pengucapan huruf tertentu yang selanjutnya akan lebih cepat membuat si kecil bergumam atau mengoceh.

Setiap anak mengalami pertumbuhan gigi pada usia yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya di usia sembilan bulan atau satu tahun, tapi ada pula yang lebih cepat di usia empat bulan. Namun, umumnya pertumbuhan gigi pertama anak terjadi saat ini berusia enam bulan, lalu gigi akan menjadi lengkap ketika mereka berusia 2-3 tahun.

Secara medis, cepat lambatnya pertumbuhan gigi anak disebabkan faktor genetik dan tidak adanya rangsangan yang diterima. Menurut para ahli, makanan dengan tektur kasar dan keras bisa memicu gigi anak untuk segera tumbuh. Nah, kira-kira makanan apa saja yang bisa membantu merangsang pertumbuhan gigi si kecil? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Ubi merah

Bunda, ubi merah mengandung vitamin A yang mampu menjaga gusi si kecil tetap sehat. Selain mengandung banyak nutrisi, ubi merah juga bisa menjadi pilihan sebagai makanan untuk MPASI bayi sejak usia enam bulan. Selain mengandung vitamin A, ubi merah juga mengandung vitamin C. Seperti Bunda ketahui, vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Apalagi anak-anak rentan terhadap infeksi ringan seperti flu, maka ubi merah bisa membantu memperkuat sistem kekebalan si kecil.

Susu

Berikan ASI bernutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil ya, bunda. Sebab, ASI berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan gigi anak. Kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin D dalam susu bisa membantu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi anak. Perlu Bunda ketahui kalau kalsium dalam susu cenderung lebih mudah diserap tubuh dibandingkan makanan lainnya.

Telur

Bunda, jangan lupa berikan satu butir telur pada si kecil di masa pertumbuhan giginya. Di samping meningkatkan nafsu makan, telur juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, tulang, dan gigi. Telur juga mengandung vitamin D yang berperan menjaga gigi si kecil lebih sehat dan terlindung dari bakteri.

Sayuran hijau

Bunda, makanan lainnya yang bagus untuk pertumbuhan gigi si kecil adalah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan pakcoy. Sayuran jenis ini begitu kaya akan kalsium yang bisa mendukung pembentukan enamel gigi pada si kecil. Enamel merupakan lapisan paling luar pada gigi. Artinya, kalau enamel gigi kuat, maka bisa membantu menjaga kesehatan gigi anak secara maksimal.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti wijen, biji bunga matahari, biji labu, dan kacang-kacangan juga dapat merangsang pertumbuhan gigi anak. Kacang dan biji-bijian ini mengandung lemak alami yang bisa melapisi gigi untuk mencegah bakteri. Biji-bijian juga umumnya mengandung minyak yang bisa memperkuat enamel. Jadi, gigi si kecil pun tidak akan mudah berlubang. Bunda bisa memberikan biji-bijian sebagai camilan si kecil.

Bubur kacang hijau

Tahukah Bunda bahwa kacang hijau cocok dijadikan makanan pendamping ASI (MPASI)? Ini karena kacang hijau mengandung fosfor dan kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan gigi serta tulang anak. Selain itu, ada pula kandungan lain seperti seng dan zat besi.

 

Jadi, Bunda jangan langsung merasa panik jika si kecil belum menunjukkan tumbuh gigi. Coba dulu berikan makanan-makanan di atas untuk membantu pertumbuhan giginya. Di samping itu, akan lebih baik jika Bunda juga berkonsultasi dengan dokter.

 

Tags:

Halaman

Artikel Terkait