ARTIKEL

6 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi

Nov 01, 2021 12:11pm

Selain batuk, pilek juga menjadi penyakit yang paling sering menyerang anak-anak. Apalagi saat perubahan cuaca yang dapat menurunkan daya tahan tubuh, khususnya pada bayi. Biasanya pilek pada bayi akan berlangsung selama 5-7 hari. Meski dapat sembuh dengan sendirinya, beberapa keluhan pilek sangat mengganggu dan membuat si kecil tidak nyaman.

Berikut ini 6 cara sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi pilek pada bayi:

Pastikan Bayi Banyak Istirahat

Pastikan si kecil memiliki banyak waktu untuk beristirahat dan tidur. Kurang istirahat membuat tubuh si kecil melemah dan semakin mudah terserang penyakit. Saat sakit, si kecil akan lebih rewel dari biasanya. Namun, pastikan agar si kecil tetap memiliki cukup istirahat agar cepat sembuh ya, Bund.

Perbanyak Asupan Cairan

Pastikan juga agar si kecil tidak mengalami dehidrasi. Penuhi kebutuhan cairan si kecil agar tetap terhidrasi. Untuk bayi di bawah usia 6 bulan, cukupi kebutuhan cairannya dengan memberikan ASI atau susu formula. Namun pada bayi usia 6 bulan ke atas, Bunda bisa memberikan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan si kecil.

Atur Posisi Tidur Bayi

Cara lain mengatasi pilek pada bayi adalah dengan mengubah posisi tidurnya. Buatlah posisi kepala bayi lebih tinggi dari tubuhnya agar lebih nyaman dan mudah bernapas. Posisi ini juga membuat lendir atau ingus tidak menggumpal di dalam hidung.

Sedot Lendir di Hidung Bayi

Sedot lendir atau ingus di hidung si kecil. Bunda bisa menggunakan alat penyedot ingus atau bulb syringe. Alat ini berfungsi mempercepat ingus keluar dari hidung sehingga si kecil lebih mudah bernapas. Namun cara ini biasanya digunakan pada bayi usia di bawah 6 bulan.

Jaga Kelembapan Udara

Jaga suhu dan kelembapan udara dalam ruangan agar lebih hangat. Hindari penggunaan AC agar lendir dalam hidung lebih mudah keluar. Udara yang lebih hangat membuat tubuh bayi berkeringat sehingga rongga hidung akan lebih terbuka. Bila perlu, Bunda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan. Serta jauhkan bayi dari debu dan asap rokok ya, Bund.

Gunakan Bawang Merah

Cara lainnya mengatasi pilek adalah dengan menggunakan bawang merah. Potong atau iris-iris bawang merah dan simpan dalam wadah terbuka. Letakkan irisan bawang merah di setiap sudut ruangan atau dekat tempat tidur. Bawang merah membantu menyerap virus penyebab flu dan pilek yang ada di dalam ruangan.

 

Tags:

Halaman