ARTIKEL

5 Alternatif Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga di Rumah Saja

Nov 27, 2020 11:58am

Liburan akhir tahun bersama keluarga di tahun-tahun sebelumnya mungkin meliputi aktivitas di luar kota atau bahkan di luar negeri. Namun dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 saat ini, liburan akhir tahun bersama keluarga kali ini lebih baik dilakukan di rumah saja. Meski begitu, bukan berarti momen pergantian tahun harus dilewatkan tanpa perayaan, lho! Bunda bisa tetap menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga dengan beragam aktivitas seru di rumah berikut ini.

 

Dinner party di rumah

Tidak perlu sampai pergi ke restoran, Bunda juga bisa membuat dinner party sebagai liburan akhir tahun bersama keluarga. Pilih saja menu makanan favorit keluarga yang hanya dihidangkan di momen spesial. Jangan lupa juga untuk memanggang kue-kue supaya momen kebersamaan jadi lebih hangat.

 

Dinner party selain bisa menjadi liburan akhir tahun bersama keluarga yang menyenangkan, juga dapat mempererat hubungan keluarga. Bila Bunda tidak mau memasak, Bunda juga bisa memanfaatkan layanan pesan antar makanan dari restoran favorit. Hal terpenting adalah menciptakan perayaan tahun baru di rumah dengan menikmati makanan lezat bersama orang terkasih.

 

Movie night

Setiap tahun, selalu ada film-film spesial yang ditayangkan di sejumlah stasiun televisi. Nah, ini menjadi alternatif liburan akhir tahun bersama keluarga yang dijamin bisa dinikmati oleh segala umur, mulai dari kakek hingga anak-anak. Supaya suasana movie night menyerupai suasana nonton film di bioskop, Bunda bisa menyiapkan snacks seperti popcorn, minuman soda, jagung bakar, dan lain sebagainya untuk dinikmati sambil nonton film.

 

Bunda dan keluarga juga bisa memilih film yang akan ditonton bila sudah berlangganan ke platform streaming. Selain itu, Bunda juga bisa memilih film dari koleksi DVD yang ada di rumah. Pilihlah film keluarga yang bisa dinikmati bersama. Jika film tersebut punya beberapa sekuel lanjutan, langsung saja jadikan marathon movie night!

 

Dekorasi rumah untuk tahun baru

Sebagai liburan akhir tahun bersama keluarga, Bunda bisa mencetuskan ide untuk mendekorasi rumah untuk menyambut tahun baru. Untuk dekorasi sederhana, Bunda bisa mengajak si kecil untuk membuat prakarya atau proyek DIY yang seru dengan alat dan bahan seadanya. Misalnya frame foto dari stik es krim, lukisan cat air, dan masih banyak lagi.

 

Jika Bunda punya beberapa dekorasi tambahan seperti lampu natal dan banner Happy New Year,” boleh juga dipasangkan di sekeliling rumah supaya momen perayaan tahun baru kian terasa. Untuk dekorasi rumah skala besar, Bunda bisa mengajak keluarga untuk belanja furniture dan dekorasi rumah baru secara online. Cukup menyenangkan, bukan?

 

Main board games

Sambil menunggu countdown tahun baru, lebih baik main board game saja bersama keluarga. Board game tidak harus mahal, bisa juga board game sederhana seperti ular tangga, ludo, catur, dan congklak. Pastinya akan seru dimainkan bersama keluarga.

 

Bunda pun bisa membeli board game lainnya sebelum liburan akhir tahun bersama keluarga tiba, mulai dari Monopoly, kartu UNO, hingga Jumanji. Supaya lebih seru, pemenang akan mendapatkan hadiah spesial yang sudah disiapkan!


Main kembang api di halaman rumah

Rasanya liburan akhir tahun bersama keluarga tidak akan lengkap tanpa main kembang api. Daripada main kembang api bersama teman atau tetangga, akan lebih aman untuk memainkan kembang api bersama keluarga di halaman rumah. Demi keamanan, pastikan Bunda membeli kembang api yang tidak terlalu besar, apalagi mengingat ada anak kecil di rumah.

 

Biasanya anak-anak akan menyukai kembang api kecil seperti sparklers yang bisa dipegang di tangan. Harganya pun lebih murah dari kembang api lainnya. Jika ingin membuat kembang api yang cantik di langit yang gelap, gunakan kembang api berjenis rockets firework atau roman candles tubes firework yang baru akan meledak begitu sudah melesat di udara dan menghasilkan semburan api cantik.

 

Dari sekian banyak aktivitas di atas, manakah yang akan Bunda lakukan untuk liburan akhir tahun bersama keluarga di rumah? Jangan lupa juga untuk membuat resolusi tahun baru supaya Bunda jadi lebih semangat menyambut tahun mendatang. Selalu jaga kesehatan dan semoga tahun baru Bunda menyenangkan, ya!

Tags:

Halaman