ARTIKEL

4 Hal Yang Tidak Boleh dilakukan Saat si kecil Demam

Jun 25, 2023 6:54pm

Pada saat si kecil demam di rumah Bunda tentu fokusnya untuk menurunkan suhu tubuh si kecil dengan memberi obat dan sebagainya. Beberapa hal mungkin terlintas di benak Bunda sebagai solusi penurun demam si kecil. Namun, apakah Bunda tahu apa saja yang tidak boleh Bunda lakukan ketika si kecil demam? Jangan lakukan hal ini saat anak demam untuk membantu memudahkan proses pemulihan si kecil Bunda.

Sebagai orang tua, tentunya Bunda ingin si kecil segera turun demamnya dan dapat beraktivitas seperti sedia kala. Tak jarang banyak orang tua yang keliru memberikan penanganan ketika si kecil demam dan justru membuat demamnya makin tinggi dan tak kunjung turun. Oleh karena itu, pembahasan mengenai hal-hal yang tidak seharusnya Bunda lakukan ketika si kecil demam ini akan membantu Bunda memberi penanganan yang tepat.

Jangan lakukan hal ini saat anak demam untuk Mempercepat Pemulihan si kecil
si kecil yang tiba-tiba demam tentu akan membuat orang tua panik. Makin panik lagi ketika si kecil rewel susah minum obat dan sebagainya. Rasa khawatir dan takut tentu akan membaur menjadi satu pada para orang tua. Namun, Bunda harus bisa tetap tenang agar mampu memberikan perawatan dan penanganan yang tepat untuk si kecil.

Simak ulasan Jangan lakukan hal ini saat anak demam untuk membantu Bunda mengetahui hal-hal yang tidak boleh Bunda lakukan ketika si kecil demam. Pengetahuan ini tentu akan membantu Bunda merawat si kecil yang sedang demam di rumah.

Membiarkan si kecil Mandi Air Dingin
Suhu tubuh si kecil yang tinggi seringkali membuat orang tua merasa harus cepat-cepat menurunkannya agar si kecil merasa lebih baik. Tidak salah memang, tetapi Bunda harus memperhatikan cara untuk menurunkan suhu tubuh tersebut.

Lakukan secara bertahap ya Bun. Awali dengan gunakan plester kompres demam. Bunda bisa tempelkan Termorex Patch. Termorex Patch dapat memberikan rasa dingin yang tahan sampai 8 jam serta daya lekat kuat, lembut dikulit dan tentu saja aman digunakan bersama dengan obat yang dapat membantu turunkan suhu tubuh si Kecil yang panas. Setelah suhu sedikit demi sedikit menurun, baru Bunda bisa mandikan si Kecil dengan air suhu normal yaa agar si Kecil merasa segar dan nyaman.

Memberi si kecil yang Baju Tebal
Jangan pernah berpikiran untuk memberikan pakaian tebal kepada si kecil dengan harapan membuat tubuh berkeringat. Pakaian yang tebal dapat membuat si kecil tidak nyaman karena merasakan panas baik di tubuhnya dan dari pakaian yang mereka kenakan. Selain itu, baju tebal akan menghambat proses keluarnya panas tubuh. Lebih baik berikan baju yang dapat menyerap keringat dan tidak tebal sehingga si Kecil lebih nyaman.

Kurang Memperhatikan Asupan Cairan di Tubuh si kecil
Pada saat si kecil demam, si kecil akan kehilangan nafsu makan dan tubuhnya terasa lemas. Hal ini jangan membuat Bunda membiarkan si kecil tidak makan dan terus berbaring di tempat tidur saja. Bunda harus memastikan tubuh si kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Bila si kecil tidak mau air putih karena merasa lebih pahit, Bunda bisa berikan jus buah-buahan yang mereka sukai untuk membantu memberi asupan cairan.

Membiarkan Terkena Paparan Kipas Angin
Suhu tubuh yang panas tak jarang membuat si kecil minta menyalakan kipas angin untuk mengusir panasnya. Sebenarnya tidak ada larangan menyalakan kipas angin ketika demam, tetapi hal ini dapat membuat si kecil mudah masuk angin. Sehingga batasi penggunaan kipas angin atau cukup memastikan kamar si kecil terasa sejuk.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh Bunda lakukan ketika si kecil mengalami demam. Beri si kecil asupan makanan yang bergizi tinggi dan awasi setiap kegiatannya agar daya tahan tubuhnya kembali pulih. Poin larangan Jangan lakukan hal ini saat anak demam harus Bunda ingat dengan baik pula agar tidak melakukan kesalahan di kemudian hari.

Nah, untuk membantu meredakan demam si Kecil, Bunda bisa berikan Termorex paracetamol yang merupakan sirup obat turun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak-anak.

Tags:

Halaman