ARTIKEL

Tips Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

May 31, 2021 11:11am

Sebagai orangtua, pasti kamu ingin memberikan yang terbaik untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak. Kita semua tahu bahwa semua anak memiliki kemampuan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain. 

 

Bahkan, bakat seorang anak tidak selalu harus sama dengan bakat anggota keluarga lain. Anak pertamamu bisa saja mahir dalam senam atau musik meskipun tidak ada anggota keluarga yang bagus di bidang itu. Ketahui juga bahwa bakat bisa muncul dalam bentuk apapun. Untuk itu, simak beberapa tips untuk memanfaatkan dan memelihara bakat alami anak berikut ini.

 

  1. Mengamati Kegemaran Si Kecil 

Cara pertama untuk bisa mengoptimalkan bakat anak adalah dengan mengamati kegemaran dan keahlian anak. Anak-anak biasanya tidak mengenali bakat mereka sendiri, meskipun mereka akan menyukainya secara naluriah. Kamu bisa mengamati bakat dan kegemaran anak dengan melihat apakah anak kamu menunjukkan minat tertentu pada sesuatu: seperti alat musik, menari, olahraga, atau alat menggambar. 

 

  1. Membiarkan Anak Mengeksplorasi Lingkungannya 

Sebagian anak mungkin menunjukkan minat dan kesukaan pada beberapa hal, dan ini tentu akan membuat kamu bingung. Nah, itulah sebabnya kamu harus memberikan anak waktu untuk mengeksplorasi lebih dalam lingkungannya. Biarkan ia melakukan semua kegiatan dan menentukan apa yang sebenarnya ia sukai.

 

  1. Menanyakan Langsung Kepada Si Kecil Tentang Kesukaannya 

Kamu juga bisa menanyakan langsung pada si kecil apa yang ia sukai. Ini mungkin akan berubah sesuai mood dan waktu seiring dengan semakin banyaknya eksplorasinya pada dunia luar. Meskipun jawabannya akan berubah-ubah, pada akhirnya minat dan bakat anak akan mengerucut pada satu bidang. 

 

  1. Mengikuti Tes Bakat Untuk Anak 

Terakhir, kamu juga bisa mendaftarkan si kecil pada tes bakat untuk mengetahui bidang yang sebenarnya disukai dan sesuai dengan kemampuan si kecil. Tes minat bakat ini umumnya dilakukan oleh beberapa sekolah. Namun, kamu juga bisa mendaftarkan anak melakukan tes bakat dengan melakukan tes psikologi khusus anak-anak.

 

Selain mendampingi anak dalam mengeksplorasi kemampuannya, orangtua juga berperan dalam memastikan anak selalu berada dalam kondisi yang optimal dalam beraktivitas. Salah satunya dengan memberikan perawatan terbaik saat anak terkena demam,  flu, batuk, atau pilek. 

 

Kamu bisa menyiapkan Termorex Plus, yaitu obat penurun demam yang disertai  flu dan batuk tanpa alkohol dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak. Kamu bisa beli Termorex Plus di Apotek atau secara online di Konimex e-store dan official store Konimex di Shopee atau Tokopedia.

 

Jadi, pastikan kamu selalu memperhatikan perkembangan minat dan bakat anak sekaligus menjaga kesehatan anak dengan menyiapkan Termorex Plus di rumah.

Tags:

Halaman