Pentingnya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Untuk Kesehatan Anak

Apr 04, 2018 11:17pm

Nutrisi merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang kesehatan anak sebagai penerus bangsa, untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Kekurangan atau kelebihan salah satu nutrien akan berpengaruh terhadap kesehatan anak dalam jangka pendek maupun jangka panjang, yang juga akan berpengaruh terhadap kualitas anak.

Pemberian nutrisi yang tepat ditujukan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar anak tidak mengalami gizi kurang atau buruk, akan tetapi gizi lebih atau obesitas juga perlu mendapat perhatian. Dampak jangka pendek gangguan nutrisi pada masa batita adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak, otot, komposisi tubuh. Dampak jangka panjang dapat berupa rendahnya kemampuan nalar, prestasi pendidikan, kekebalan tubuh, dan produktifitas kerja. Selain itu meningkatkan risiko diabetes, obesitas, penyakit jantung koroner, hipertensi, kanker, stroke dan penuaan dini.

 

Nutrisi pada anak sakit juga harus diperhatikan. Selain untuk tetap memelihara tumbuh kembang, pemenuhan kebutuhan nutrisi sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan, memperpendek masa perawatan, mengurangi terjadinya komplikasi, menurunkan morbiditas dan mortalitas serta dapat mencegah terjadinya malnutrisi akibat pengobatan atau tindakan medis.

Tujuan asuhan nutrisi pada anak antara lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak untuk aktifitas sehari-hari agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Selain itu, pemberian nutrisi yang tepat juga dapat melatih anak dalam keterampilan makan dan disiplin, serta membentuk kebiasaan makan yang sehat, serta memerhatikan selera makan anak. Pemberian nutrisi yang tepat juga dapat memberikan rasa kepuasan pada anak.

Bagaimana caranya agar anak mendapat nutrisi yang seimbang? Bukan hanya kandungannya saja yang diperhatikan akan tetapi ketepatan cara pemberian nutrisi juga harus sesuai.


Halaman:

Recommended Article


Our Channels: