ARTIKEL

Menjaga Keluarga tetap Sehat dari Virus Corona

Apr 06, 2020 10:21am

Virus corona yang semakin menyebar di Indonesia tentu membuat siapapun resah, apalagi karena pandemik global ini merupakan yang pertama dan terbesar di dunia. Namun begitu, virus ini tidak akan berbahaya asalkan sistem imun keluarga sehat dan dalam keadaan baik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keluarga agar terjaga dan terhindar dari virus corona.

Jaga Jarak dengan Physical Distancing

Seperti yang Bunda ketahui, pemerintah telah menghimbau warga untuk tetap di rumah dan tidak keluar rumah jika dirasa tidak perlu serta menghindari kerumunan. Hal ini perlu dilakukan agar keluarga sehat serta tidak ada yang menjadi carrier yang bisa menularkan virus terhadap orang lain. Oleh karena itu, lakukan physical distancing dengan cara menjaga jarak sejauh kurang lebh 1,5 hingga 2 meter dari orang lain serta menjaga interaksi dengan orang lain di luar rumah. Dengan begitu, keluarga Bunda tidak akan terpapar oleh virus ini.

Karantina Mandiri

Tidak bisa dipungkiri, sebagian dari warga Indonesia pasti tidak bisa terus menerus dirumah karena tuntutan pekerjaan. Apalagi jika anggota keluarga harus melalui perjalanan yang cukup jauh. Meskipun anggota keluarga Bunda terlihat sehat, namun tubuh Bunda maupun keluarga tetap bisa menjadi carrier atau pembawa virus. Sehingga, setelah melakukan perjalanan jauh, Bunda bisa melakukan karantina mandiri di rumah maupun di tempat tujuan selama 14 hari, yakni masa inkubasi dari virus corona.
 

Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur dapat meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Pilih buah dengan kandungan vitamin yang tinggi seperti jeruk, jambu merah, strawberry, wortel, serta sayur apapun yang mengandung flavonoid sehingga dapat menjaga kesehatan keluarga. Selain itu, makanan bergizi juga berdampak baik bagi tubuh Bunda dan keluarga.

Olahraga Teratur

Berolahraga adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta sistem imun. Namun, berhubung olahraga di luar rumah bisa jadi cukup berisiko, maka Bunda dan keluarga cukup berolahraga di halaman rumah saja atau melakukan workout ringan di dalam rumah. Dengan olahraga teratur, maka kondisi imun pun akan membaik sehingga keluarga sehat.

Hidup Bersih

Salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus corona adalah dengan hidup bersih. Pastikan Bunda dan anggota keluarga selalu cuci tangan sebelum makan dan setelah bepergian dari luar. Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir hingga bersih dan mandi dengan teratur dua kali sehari atau setiap setelah berpergian. Selain itu, cucilah baju segera setelah digunakan dari luar, atau jemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Dengan menerapkan hal ini, maka virus corona pun dapat dihindari dan dapat menjadikan keluarga sehat.

Berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari sangatlah baik untuk meningkatkan antibody dan sistem imun agar keluarga sehat. Sinar matahari yang paling baik dan mengandung vitamin D adalah sekitar jam 10 hingga 11 siang. Berjemurlah sekitar 15 menit setiap pagi jika memungkinkan agar antibody dan sistem imun Bunda dan keluarga tetap terjaga.

Bawa Antiseptik saat Keluar Rumah

Jika memang harus bepergian ke luar rumah, maka Bunda harus membawa antiseptik seperti alkohol cair atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol. Gunakan alkohol atau hand sanitizer tersebut setiap kali akan makan. Namun, jika Bunda menemukan sabun, maka sebenarnya sabun akan lebih efektif dalam membunuh virus dan kuman lainnya.

 

Dengan melakukan upaya-upaya di atas, maka Bunda dan keluarga pasti bisa terhindar dari virus corona ini. Ingat, virus ini dapat mati dengan sendirinya jika daya tahan tubuh dalam keadaan baik. Hindari untuk melakukan hal-hal berlebihan seperti memborong hand sanitizer atau menimbun masker, karena hal itu dapat merugikan tenaga medis yang tentunya lebih membutuhkan. Selain itu, Bunda dan keluarga harus menghindari untuk keluar rumah sebisa mungkin untuk menghindari penularan virus corona.

Tags:

Halaman