ARTIKEL

Siapkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini, Siasati dengan Hal Ini

Feb 06, 2023 10:51am

Setiap orangtua tentu menginginkan buah hatinya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Tapi tidak bisa dipungkiri kalau biaya pendidikan tidak murah dan terus naik setiap tahunnya ya, Bunda.

Jangan sampai Bunda dan Ayah berhutang karena tiba-tiba bangkrut atau mengalami kesulitan untuk membayar biaya pendidikan anak. Untuk menyiasatinya, rencanakan biaya pendidikan sejak dini dan lakukan beberapa hal ini:

Susun rencana pendidikan anak

Rencanakan pendidikan anak sejak dini bersama pasangan, Bunda. Bahkan bila perlu sejak si kecil masih dalam kandungan. Hal ini terkait dengan biaya pendidikan yang sangat berpengaruh. Seperti diketahui ya Bunda, biaya pendidikan biasanya mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Jika Bunda memutuskan si kecil untuk di sekolah negeri, maka biaya akan lebih murah karena saat ini SD dan SMP diberikan secara gratis dari pemerintah. Namun beda halnya jika Bunda memutuskan si kecil untuk menempuh pendidikan di sekolah swasta. 

Begitu pula dengan usia anak mulai masuk sekolah yang turut menjadi tolak ukur. Semakin muda usia si kecil masuk sekolah, maka Bunda harus lebih awal menabung untuk biaya pendidikan anak.

Hitung Biaya Pendidikan Anak

Apakah ada sekolah yang diidamkan Bunda dan si kecil? Jika ada, maka sebaiknya Bunda lakukan survey terlebih dahulu untuk biaya pendidikannya. Lalu hitung dengan menambah kenaikan sebesar 10-15% per tahun dan sesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki.

Misalnya, biaya masuk TK saat ini adalah Rp6 juta, ditambah dengan asumsi kenaikan sebesar 10%, maka 3 tahun ke depan biaya masuk TK diperkirakan sebesar Rp5 juta x 1,1 x 1,1 x 1,1 = Rp 7.986.000.

Jadi bila si kecil akan masuk TK 3 tahun lagi, maka Bunda perlu menabung sebesar Rp 7.986.000 : 36 = Rp221.833 per bulan.

Perlu diingat Bunda, perhitungan di atas belum termasuk SPP, buku dan seragam. Lakukan perhitungan yang sama untuk biaya masuk SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi ya, Bund.

Pilih Investasi dengan Cermat

Saat ini ada beragam pilihan untuk berinvestasi. Namun setiap investasi tentu memiliki kekurangan dan kelebihan ya, Bunda. Sebaiknya pelajari dulu setiap investasi secara detail. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan pakarnya atau orang yang lebih berpengalaman. Tidak perlu ragu bertanya agar bunda bisa mendapatkan perhitungan yang jelas dalam berinvestasi.

Lakukan Investasi Pendidikan

Segera lakukan investasi setelah Bunda menemukan investasi yang sesuai. Jangan menunda terlalu lama karena kenaikan biaya dan inflasi selalu muncul tak terduga. Bunda bisa memilih tabungan pendidikan untuk pengeluaran biaya pendidikan yang rutin serta jangka pendek. Sementara untuk jangka panjang di atas 10 tahun, Bunda bisa mempertimbangkan investasi jangka panjang seperti reksadana atau properti.

Tags:

Halaman