ARTIKEL

Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya

Jun 26, 2020 10:18am

Batuk berdahak tidak hanya akan mengganggu kondisi kesehatan sang buah hati, tetapi juga kenyamanannya dalam beraktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa hal penting yang perlu Bunda ketahui, terutama penyebab dari batuk berdahak serta cara efektif mengatasinya dengan perawatan pertama di rumah. Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab batuk berdahak

Batuk berdahak adalah kondisi dimana batuk menghasilkan lendir pada saluran pernapasan. Lendir atau dahak ini membuat bagian belakang tenggorokan dan dada terasa penuh, bahkan jika tidak segera diatasi, si kecil bisa kesulitan bernafas.

Penyebab batuk berdahak sendiri ini bisa karena virus atau bakteri. Batuk berdahak membuat tenggorokan, kepala, dan otot terasa sakit. Hidung pun terasa tersumbat dan biasa diikuti dengan demam ringan. Jika sudah begini, anak cenderung tidak berselera untuk menyantap makanannya.

Cara mengatasi batuk berdahak

Cara mengatasi batuk berdahak pada sang buah hati adalah dengan memberikan asupan cairan yang cukup. Jika sang buah hati masih bayi, maka beri ia ASI. Sementara jika umur si kecil sudah balita, maka Bunda bisa memberinya minum air hangat. Tujuannya adalah memastikan sang buah hati tidak dehidrasi serta membantu tubuh agar cepat pulih mengatasi infeksi karena virus atau bakteri ini.

Beri si kecil asupan cairan sekitar 12-18 gelas (berukuran kira-kira 200 ml) per hari. Selain minum saat sedang makan, pastikan si kecil juga rutin minum paling tidak setengah jam sekali, terutama di antara waktu setelah bangun pagi dan sebelum tidur malam. Cairan yang Bunda berikan ini akan membantu tubuh si kecil mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan sehingga tidak membuatnya merasa sesak.

Selain itu, Bunda juga dapat memberikan si kecil obat batuk seperti Anakonidin Mucolytic & Expectorant yang cocok untuk batuk berdahak. Dengan memberikan obat batuk khusus batuk berdahak, pengobatan pada si kecil akan lebih efektif sehingga ia bisa lebih cepat pulih.

Bahan alami untuk batuk berdahak

Selain menggunakan obat batuk berdahak, terdapat juga beberapa bahan alami yang dapat dipakai untuk mendukung upaya mengatasi batuk berdahak pada anak. Bunda bisa coba memberikan madu asli karena dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan dan batuk dengan lebih efektif. Berikan si kecil satu sendok makan madu satu jam sebelum ia istirahat di malam hari supaya si kecil dapat tidur dengan nyaman. Bunda juga bisa mencampurkan madu tersebut dengan air atau teh hangat.

Selain madu, Bunda juga dapat membuat jus lemon hangat untuk sang buah hati. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membantu mengencerkan dahak, juga meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Itulah kenapa lemon seringkali dimanfaatkan untuk meredakan pilek atau flu.

Caranya, Bunda cukup memeras lemon dan memberikan satu sendok teh perasan lemon dan campurkan dengan segelas teh hangat. Lemon yang dicampurkan dengan teh hangat untuk dapat diminum oleh si kecil sebelum ia akan tidur di malam hari. Teh yang hangat dan sensasi asam ringan dari lemon ini akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.

Selama si kecil sedang sakit batuk berdahak, Bunda juga harus perhatikan asupan makanannya. Pastikan si kecil hanya memakan makanan hangat dengan tekstur yang lembut agar lebih mudah untuk ditelan.

Ajarkan juga agar si kecil untuk menutup mulut dengan bagian dalam lipatan sikunya ketika akan batuk. Bunda yang menemani dan merawat si kecil sebaiknya juga menggunakan masker. Selain itu, usahakan agar si kecil mendapat istirahat yang berkualitas dan jangan melakukan aktivitas terlalu berat terlebih dahulu agar ia tidak kelelahan. Jika sudah melakukan cara-cara di atas namun batuk berdahaknya tidak kunjung reda, segera bawa si kecil ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.


Meta desc   : Penyebab batuk berdahak pada anak dan cara untuk mengatasinya yang Bunda perlu ketahui untuk memberi perawatan pertama di rumah.

Tags:

Halaman