ARTIKEL

Pentingnya Tidur Siang terhadap Tumbuh Kembang Anak

Jun 21, 2019 1:05pm

Beberapa orang tua membiarkan anak-anak tetap beraktivitas di siang hari agar lebih mudah tidur di malam hari. Padahal secara medis, kebutuhan waktu tidur anak-anak lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa, yaitu sekitar 9 – 10 jam di malam hari dan 1 – 2 jam di siang hari. Di samping itu, ada banyak manfaat tidur siang yang bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak-anak. Apa saja, ya? Berikut penjelasan selengkapnya, Bunda!

 

Menjaga daya tahan tubuh

Anak-anak yang secara rutin beristirahat di siang hari memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Hal ini dikarenakan manfaat tidur siang mampu mengisi kembali energi anak setelah sehari penuh dipakai beraktivitas di rumah maupun di sekolah. Saat tubuh berada dalam kondisi segar dan bugar, maka anak-anak pun terhindar dari penyebaran kuman dan virus penyebab penyakit. Dengan begitu, tumbuh kembang anak secara fisik maupun psikis tidak terhambat oleh gangguan kesehatan.

 

Mendukung perkembangan intelegensi

Bunda, manfaat tidur siang yang berikutnya yaitu perkembangan kemampuan intelegensi pada anak-anak. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Douglas Mental Health University Institute, anak-anak yang tidur siang sebagian besar sukses meraih prestasi di bidang akademis. Pasalnya, saat tidur siang, sel-sel otak akan kembali bekerja mengumpulkan informasi yang telah didapat sehingga terbentuk suatu memori jangka panjang. Hasilnya, anak-anak dapat lebih mengingat materi pelajaran yang didapat.

 

Memperbaiki kondisi mood

Tidak jauh berbeda dari orang dewasa, anak-anak yang bisa beristirahat dengan cukup waktu di siang dan malam hari akan memiliki mood yang lebih baik. Ketika tidur, maka psikis pun ikut beristirahat sehingga anak-anak bisa menjaga kondisi emosionalnya. Saat bangun tidur nanti, anak-anak pun akan lebih bahagia dan ceria untuk menjalani aktivitas berikutnya. Mereka pun tidak mudah tantrum atau rewel dan menangis.

 

Meningkatkan konsentrasi

Anak-anak terkadang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi terhadap suatu pekerjaan. Terlebih bagi mereka yang sudah aktif bersekolah, saat konsentrasi tidak didapatkan maka materi pelajaran pun sulit diserap dengan baik. Dampaknya tentu prestasi belajar yang menurun dan anak sulit menggapai prestasi akademis. Untuk itu, Bunda bisa membiasakan anak-anak tidur siang sepulang sekolah agar mereka bisa kembali fokus dan konsentrasi.

 

Pertumbuhan tulang berjalan optimal

Manfaat tidur siang juga dapat dilihat dari perkembangan tubuh anak-anak. Pasalnya, saat tidur jaringan tulang bekerja secara maksimal menghasilkan kalsium sehingga pertumbuhan tinggi badan anak-anak tidak terhambat. Di samping itu, selama beristirahat, tulang juga terbebas dari tekanan berat badan sehingga dapat berkembang dengan optimal sesuai dengan yang seharusnya. Dengan begitu, tubuh anak-anak yang rajin tidur siang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak tidur siang.

 

Mencegah obesitas

Banyak yang belum mengetahui bahwa manfaat tidur siang juga bisa mencegah obesitas pada anak-anak. Kondisi ini disebabkan ketika tidur siang, hormon leptin yang berperan dalam menjaga stabilitas berat tubuh bekerja secara maksimal. Nafsu makan anak pun lebih bisa terkontrol dengan baik. Artinya, anak-anak terhindar dari risiko obesitas atau kelebihan berat badan yang cukup berbahaya bagi tumbuh kembangnya.

 

Bunda, mulai sekarang biasakan anak-anak untuk tidur siang setelah pulang sekolah. Melihat ada banyak manfaat tidur siang yang bisa didapatkan untuk tumbuh kembang anak, diharapkan Bunda semakin bijaksana dalam mengatur jadwal harian anak-anak. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Tags:

Halaman

Artikel Terkait