ARTIKEL

Mengantar Jemput ke Sekolah Ternyata Punya Manfaat Positif untuk Anak

Jun 02, 2022 9:23am

Hari pertama sekolah merupakan momen penting bagi anak. Mereka akan bertemu dengan lingkungan baru, termasuk guru dan teman baru. Salah satu peran penting orang tua adalah dengan mengantarkan si kecil ke sekolah di hari pertamanya.

Tahukah Bunda, mengantar anak di hari pertama sekolah hingga minggu-minggu berikutnya akan berdampak pada psikologis anak. Anak-anak yang semula merasa takut akan lebih percaya diri bertemu dengan teman barunya.

Tidak hanya itu, ada banyak manfaat positif untuk anak saat orang tua mengantar jemput sekolah, berikut ini di antaranya:

  1. Anak punya lebih banyak waktu untuk mengobrol di perjalanan

Mengantar jemput anak ke sekolah membantu meningkatkan bonding. Bunda akan memiliki lebih banyak waktu untuk berbicara dengan anak saat mengantar jemputnya. Anak juga tidak ragu dan lebih terbuka tentang apa saja yang ia rasakan atau pengalaman barunya di sekolah.

  1. Anak lebih aman di perjalanan

Penculikan anak rawan terjadi saat berangkat atau pulang sekolah. Agar lebih aman dan terhindar dari hal yang tak diinginkan, sebaiknya antar jemput sekolah dilakukan sendiri oleh Bunda ataupun ayah. Anak juga merasa lebih nyaman dan aman selama perjalanan bila bersama orang tua sendiri.

  1. Orang tua lebih mengenal lingkungan sekolah

Tidak hanya untuk anak, Bunda juga bisa merasakan manfaat mengantar jemput sekolah anak. Bunda bisa lebih mengenal lingkungan tempat anak belajar. Ini menjadi hal penting lainnya terkait tumbuh kembang anak. Lingkungan sekolah yang baik akan membentuk kecerdasan dan kepribadian anak.

  1. Orang tua bisa bersosialisasi dengan guru dan orang tua lain

Sambil mengenal lingkungan sekolah, Bunda juga bisa lebih akrab dengan guru dan wali murid lainnya. Bukan tanpa alasan Bunda perlu bersosialisasi dengan guru dan orangtua murid lainnya. Bunda akan lebih mudah mengetahui update terbaru kegiatan di sekolah. Jika Bunda rajin bersosialisasi, biasanya akan ada grup chat wali murid untuk informasi seputar kegiatan di sekolah.

  1. Orang tua tahu aktivitas lain anak sepulang sekolah

Semakin besar, anak-anak akan lebih dekat dengan temannya. Bunda perlu tahu siapa saja teman dekat si kecil dan apa saja kegiatannya di sekolah. Dengan rajin mengantar jemput sekolah, Bunda akan lebih mudah mengetahui apa saja kegiatan anak sepulang sekolah, termasuk teman bermainnya usai sekolah.

Tags:

Halaman