ARTIKEL

Kenapa Si Kecil Sering Batuk di Musim Dingin? Ternyata Ini Penyebabnya, Bun!

Oct 26, 2021 9:31am

Apakah si kecil sering batuk-batuk saat cuaca dingin? Jika ya, mungkin saja si kecil mengalami alergi pada udara dingin. Udara dingin dapat mencetus reflex batuk karena mengeringkan dan mengiritasi jalan napas.

Udara dingin biasanya bersifat kering. Udara kering mengangkat partikel air sepanjang jalan napas yang bisa menyebabkan munculnya spasme jalan napas. Karenanya, udara dingin bisa memperburuk gejala batuk pada penyakit pernapasan serta merangsang reflex batuk. Beberapa penyakit yang biasanya diperburuk oleh udara dingin seperti infeksi saluran napas atas (ISPA) dan bronkitis.

Beberapa hal ini bisa Bunda lakukan di rumah untuk mengatasi batuk alergi akibat udara dingin:

  1. Menjaga sirkulasi udara di dalam rumah

Tidak hanya saat cuaca panas, Bunda juga perlu memastikan sirkulasi udara tetap terjaga di cuaca dingin. Sirkulasi udara yang baik membuat rumah terasa nyaman dan tidak pengap. Cara terbaik mencegah batuk alergi adalah menghindari kontak dengan alergen.

  1. Memakaikan si kecil pakaian hangat

Saat udara dingin menyerang, Bunda bisa memastikan tubuh si kecil tetap hangat dengan baju lengan panjang dan jaket. Matikan juga pendingin udara agar suhu udara tidak terlalu dingin dan memicu batuk pada anak.

  1. Menjaga tingkat kelembapan di dalam rumah

Perhatikan juga tingkat kelembapan di dalam rumah. Ruangan yang terlalu lembap bisa memicu batuk. Salah satu solusinya, Bunda bisa menggunakan humidifier untuk membuat kelembaban ruangan tetap terjaga. Tambahkan aroma terapi agar si kecil merasa nyaman dan dapat tertidur pulas.

  1. Memastikan si kecil istirahat yang cukup

Daya tahan tubuh yang kuat mampu mencegah tubuh anak dari serangan alergi, termasuk batuk. Istirahat yang cukup mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Karenanya, pastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup terutama di malam hari.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Tidak hanya istirahat cukup, Bunda juga perlu memastikan tubuh anak tak mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Ajarkan anak untuk mengonsumsi lebih banyak air putih daripada minuman manis berpengawet. Saat si kecil mulai batuk atau merasa tak enak badan, Bunda bisa memberikannya teh hangat. 

  1. Menyediakan obat batuk untuk pertolongan pertama di rumah

Sediakan selalu obat batuk di rumah sebagai pertolongan pertama ketika anak terserang batuk. Bunda bisa memilih obat batuk yang aman untuk anak, tanpa alkohol atau bisa juga yang menggunakan bahan herbal khusus untuk anak. Pastikan Bunda memiliki pertolongan pertama dengan obat yang terjamin kualitasnya dari Konimex.

Tags:

Halaman