ARTIKEL

Kenapa Anak Sering Batuk di Musim Hujan? Ternyata Ada Penjelasannya!

Oct 03, 2022 12:20pm

Musim hujan sudah mulai datang nih, Bunda. Saat musim hujan datang, akan datang pula gejala penyakit yang bisa menyerang keluarga. Karena daya tahan tubuh anak yang belum sempurna, biasanya si kecil lebih mudah terserang sakit di musim hujan.

 

Sakit yang sering menerpa di musim hujan ini adalah sakit batuk. Kira-kira kenapa ya anak sering batu di musim hujan. Ternyata ada beberapa penyebab yang bisa jadi penjelasannya nih, Bunda.

 

  1. Turunnya suhu udara menyebabkan aliran darah melambat 

 

Bunda coba perhatikan, sebelum turun hujan, biasanya suhu udara akan sangat panas. Tidak lama kemudian, hujan turun dan udara tiba-tiba menjadi dingin. Perubahan cuaca dari panas ke hujan inilah yang membuat temperatur di tubuh berubah secara cepat. Turunnya suhu udara secara tiba-tiba bisa membuat  aliran darah melambat sehingga sel imun juga tidak menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh.



  1. Udara dingin menyebabkan virulensi meningkat

 

Virulensi adalah kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit. Saat suhu udara dingin, beberapa virus bisa bekerja lebih cepat untuk menyerang tubuh manusia. Apalagi di musim hujan juga banyak orang yang terserang batuk, sehingga resiko si kecil tertular pun semakin besar.

 

  1. Kurangnya aktivitas fisik di musim hujan menurunkan kekebalan tubuh

 

Di musim hujan, si kecil juga akan sulit untuk main di luar rumah. Anak akan lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan yang membuatnya lebih sedikit menggerakkan anggota tubuhnya. Akibatnya, kekebalan tubuh pun bisa berkurang.

 

Batuk pada anak yang muncul di musim hujan mungkin sulit untuk dicegah. Karena itu, Bunda bisa menyiapkan obat-obatan khusus anak seperti Anakonidin untuk mengatasi berbagai jenis batuk. Anakonidin memiliki varian yang bisa diberikan sesuai dengan batuknya.

Anakonidin merah untuk mengatasi batuk dan pilek. Sedangkan untuk mengatasi batuk dan flu, berikan anak Anakonidin OBH warna pink. Untuk batuk berdahak, Bunda bisa memberikan Anakonidin Mucolytic & Expectorant dengan kemasan warna ungu. Sediakan juga Anakonidin Herbal warna hijau untuk batuk si kecil dengan bahan alami. Selalu sediakan 4 varian Anakonidin di rumah, karena beda batuknya beda Anakonidinnya.

Tags:

Halaman