ARTIKEL

Jaga Kesehatan Anak di New Normal dengan Persiapan Berikut

Aug 26, 2020 10:50am

Walaupun kasus COVID-19 tiap hari tidak kunjung menurun dan vaksin belum juga ditemukan, aktivitas sehari-hari harus tetap dilaksanakan untuk meningkatkan ekonomi negara. Membayangkan hal ini pasti akan menimbulkan kecemasan bagi orang tua yang ingin menjaga kesehatan anaknya. Memang saat ini sekolah masih dilakukan secara online, namun apa yang akan terjadi jika sekolah sudah beroperasi kembali dan mengharuskan anak untuk keluar rumah?

 

Tentunya Bunda harus lebih disiplin dalam memastikan si kecil menjalani pola hidup yang sesuai untuk menjaga kesehatan anak. Jangan khawatir, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan anak di era new normal. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Bunda dan anak akan siap memasuki era new normal tanpa rasa cemas.

 

Pastikan anak mengerti bahaya virus COVID-19

Dengan mewabahnya virus COVID-19 ini, tentunya akan mengakibatkan perubahan signifikan pada kehidupan anak yang disertai gaya hidup baru untuk menyambut era new normal. Pastikan Bunda selalu mengingatkan si kecil akan bahaya virus corona, disertai juga dengan tindakan-tindakan yang dapat menghindari anak dari bahaya tersebut. Ini bukan bermaksud untuk menakuti anak, namun sebagai cara untuk membuat anak lebih waspada dengan kondisi yang sedang terjadi.

 

Bunda perlu menyampaikan informasi ini dengan kalimat-kalimat yang mudah dimengerti. Usahakan juga untuk selalu mengecek ulang informasi yang diberikan kepada anak agar akurat dan terhindar dari berita hoax.

 

Berikan contoh yang baik bagi anak

Anak pasti mengambil contoh dari orang tua untuk melakukan hal yang benar. Dengan Bunda menjalankan protokol kesehatan dengan seksama, maka anak juga akan mencontoh Bunda dan melakukan hal serupa. Berikut adalah beberapa isi protokol kesehatan yang harus dipraktikkan dalam hidup keseharian Bunda dan anak:

  • Memakai masker saat bepergian
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, apalagi setelah memegang sesuatu atau melakukan kontak fisik
  • Bawa hand sanitizer saat bepergian dan gunakan ketika tidak memungkinkan untuk cuci tangan
  • Praktikkan social distancing saat berada di tengah tempat yang ramai
  • Pastikan untuk tidak berbagi makanan atau minuman dengan orang lain

 

Buat anak tenang

Kondisi yang tidak menentu ini pasti membawa kecemasan bagi Bunda dan juga anak. Namun, jangan sampai Bunda terlalu cemas sampai menerapkan sifat overprotective terhadap anak. Sebagai orang tua, Bunda harus bisa menjaga emosi dan menuntun anak agar tetap tenang. Kecemasan berlebih hanya akan menimbulkan masalah dan membuat anak menjadi tidak nyaman.

 

Jaga pola makan anak

Dalam upaya menjaga kesehatan anak, Bunda perlu memperhatikan kebutuhan gizi si kecil. Di sini peran penting dari pola makan yang sehat. Pastikan anak makan secara teratur, minimal 3 kali sehari dengan asupan gizi yang cukup. Selain makanan, minum air putih yang cukup juga akan menunjang kesehatan anak. Bunda harus mempersiapkan makanan dan minuman dari rumah untuk menghindari anak mengkonsumsi makanan dan minuman dari luar yang kurang higienis.

 

Kesehatan anak juga dapat ditingkatkan dengan olahraga yang teratur agar fisik anak tetap prima. Lakukanlah olahraga bersama ketika ada waktu luang. Selain membuat badan anak semakin sehat, Bunda juga dapat menghabiskan waktu bersama si kecil.

 

Jaga imun anak

Imun yang kuat akan mempengaruhi kesehatan anak. Pastikan imun anak terjaga dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Selain itu, Bunda juga dapat memberikan vitamin dan suplemen tertentu agar terhindar dari bahayanya virus, seperti asupan Omega 3 dari minyak ikan.

 

Selain mendongkrak imun, suplemen tambahan diperlukan untuk kesehatan otak dan syaraf anak untuk menjaga pembentukan dan fungsi otak. Tujuannya adalah agar dapat meningkatkan performa belajar pada anak.

 

Selain mengikuti panduan di atas, jangan lupa juga untuk beristirahat dengan cukup. Anak harus mendapatkan setidaknya 8 jam tidur nyenyak tiap malamnya agar energi dapat disimpan untuk keesokan harinya. Kegiatan bersantai juga dapat dilakukan bersama agar anak tetap tenang dan ceria, contohnya seperti membaca buku bersama, menggambar, dan bertukar cerita dengan keluarga.

 

Demikianlah beberapa langkah persiapan agar Bunda dapat menjaga kesehatan anak dalam masa new normal ini. Dengan melakukan persiapan new normal di atas, Bunda dapat memperhatikan kesehatan anak dan tetap waspada untuk meminimalisir bahaya virus COVID-19 terhadap anak. Semoga sehat selalu ya, Bunda!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait