ARTIKEL

Hindari Absen di Awal Masuk Sekolah, Jaga Kesehatan Si Kecil dengan Cara Ini

Aug 11, 2022 9:53am

Tahun ajaran baru kembali dimulai dan anak-anak siap kembali ke sekolah. Tidak lagi belajar secara daring, kini anak-anak dapat kembali melakukan pembelajaran tatap muka di kelas.

Tentunya hal ini jadi kabar gembira bagi anak-anak yang lebih mudah bosan berada di dalam rumah. Anak-anak dapat kembali bermain dan bertemu dengan teman-temannya. Namun hal berbeda dirasakan orang tua yang was-was dengan kesehatan si kecil.

Berikut ini tips menjaga kesehatan anak di masa awal masuk sekolah agar tidak mudah sakit dan sering tidak masuk sekolah:

Tidak tidur terlalu larut

Saat memasuki masa sekolah, biasanya waktu tidur anak akan terganggu terutama di siang hari. Oleh karena itu, biasakan anak tidak tidur terlalu malam agar dapat bangun lebih awal di pagi hari. Agar mendapatkan tidur yang berkualitas, Bunda bisa menerapkan rutinitas sebelum tidur. Seperti menggosok gigi, mengganti pakaian tidur, membaca doa, hingga membacakan cerita sebelum tidur.

Selalu sarapan sebelum berangkat sekolah

Pastikan anak selalu mendapatkan sarapannya sebelum berangkat sekolah. Sarapan pagi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan anak saat masuk sekolah. Tidak hanya memberikan energi pada tubuh, sarapan juga membantu menjaga daya tahan tubuh anak tetap stabil. Berikan anak sarapan yang bergizi seperti telur dan susu untuk meningkatkan sistem imunnya.

Membawa bekal makanan sehat dan air putih

Hindari anak jajan sembarangan di luar sekolah. Bunda bisa menyiapkan bekal makanan untuk si kecil bawa ke sekolah. Siapkan menu bekal makanan yang sehat dan bergizi lengkap dengan protein. Jangan lupa tambahkan sayur dan buah dalam bekal si kecil serta botol minum yang dapat dibawanya kemana-mana.

Segera mandi dan berganti baju setelah beraktivitas

Biasakan anak untuk selalu mengganti pakaian setelah pulang sekolah. Mintalah si kecil untuk membersihkan tangan dan kakinya saat tiba di rumah usai pulang sekolah. Bila perlu, mintalah anak untuk mandi terlebih dahulu untuk memastikan virus penyebab batuk dan flu tak menempel di tubuhnya.

Rajin mencuci tangan dan memakai masker di dalam ruangan

Ajarkan si kecil untuk selalu mencuci tangan usai beraktivitas serta sebelum dan setelah makan. Bunda bisa menerapkannya saat di rumah sebelum masa sekolah dimulai. Serta biasakan si kecil untuk memakai masker di dalam kelas agar terhindar dari penularan virus.

Mengonsumsi vitamin jika diperlukan

Bila perlu, selalu sediakan suplemen dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Berikan si kecil vitamin khusus anak agar tidak mudah terserang penyakit khususnya batuk dan pilek.

Dibutuhkan peran aktif orang tua agar anak tidak mudah sakit saat awal masuk sekolah. Sebagai pencegahan, selalu siap sedia obat-obatan untuk keluarga di rumah, terutama di musim pancaroba seperti sekarang di mana batuk dan pilek lagi banyak dialami anak 0 anak, pastikan Bunda stand by Anakonidin, sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry yang disukai anak. Segera temui dokter bila kondisi kesehatan anak semakin buruk.

Tags:

Halaman