ARTIKEL

Gejala Ini Sering Dialami Anak Saat Belajar Puasa

Apr 28, 2022 5:12am

Selama berpuasa, anak-anak berisiko mengalami beragam masalah kesehatan. Kebutuhan nutrisi yang berkurang turut menurunkan daya tahan tubuh anak. Anak juga rentan mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh.

Sebagai pencegahan, Bunda perlu tahu masalah kesehatan apa saja yang bisa menyerang anak saat puasa. Berikut ini beberapa gejala yang biasanya dialami anak saat berpuasa:

 

  • Dehidrasi

 

Dehidrasi merupakan masalah kesehatan yang paling umum terjadi saat puasa. Anak-anak juga rentan mengalami dehidrasi akibat kehilangan cairan tubuh. Dehidrasi bisa menyebabkan mulut kering, pusing, mual dan kelelahan. Untuk mengatasinya, ajarkan anak mengatur pola minum air putih pada sahur, saat berbuka, serta malam hari sebelum tidur.

 

  • Mual dan Muntah

 

Dehidrasi memicu rasa mual dan muntah. Tidak hanya dehidrasi, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung saat puasa. Kurangnya waktu istirahat juga dapat membuat anak merasa mual dan ingin muntah. Anak harus bangun lebih pagi untuk makan sahur. Untuk mengganti waktu tidurnya yang kurang, mintalah anak untuk mengurangi aktivitasnya dan tidur di siang hari.

 

  • Sakit Kepala

 

Selain mual dan muntah, dehidrasi saat puasa juga dapat memicu sakit kepala. Namun dehidrasi bukan satu-satunya penyebab sakit kepala, Bund. Sakit kepala saat puasa juga bisa disebabkan karena pola istirahat yang tidak teratur dan kelelahan. Sebagai pencegahan, berikan si kecil makanan sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka. Perhatikan juga waktu tidur anak dan mintalah si kecil untuk tidur siang agar kebutuhan istirahatnya tercukupi.

 

  • Sembelit

 

Susah buang air besar atau sembelit jadi masalah kesehatan yang kerap menyerang anak-anak saat puasa. Beberapa penyebab sembelit pada anak seperti kurangnya asupan cairan dalam tubuh serta kurang konsumsi serat. Jadi perbanyak asupan cairan dan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah agar anak tidak terserang sembelit.

 

  • Diare

 

Diare dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi anak saat sahur dan berbuka. Makanan pedas dan makanan yang kurang higienis jadi penyebab umum penyakit diare. Jadi sebaiknya Bund, perhatikan makanan yang dikonsumsi anak. Pastikan anak hanya mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat agar tidak terserang diare. Serta ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan.

Itulah 5 masalah kesehatan yang paling sering dialami anak saat puasa. Jika anak mengalami kondisi yang parah, sebaiknya biarkan anak membatalkan puasanya. Selain itu, berikan obat yang bisa meringankan kondisi sakit pada anak. Jadi selalu sediakan obat-obatan khusus anak di rumah. Bunda bisa mendapatkan obat - obatan terpercaya sesuai gejala sakit si Kecil di Konimexstore.

Tags:

Halaman