ARTIKEL

Demam Bisa Terjadi Kapan Saja, Bunda Perlu Siaga!

Sep 13, 2022 2:04pm

Kebanyakan penyakit berawal dari demam yang dirasakan anak. Tapi perlu diingat Bunda, demam bukanlah sebuah penyakit. Demam merupakan gejala awal yang paling umum dari hampir semua penyakit.

Demam merupakan reaksi perlawanan tubuh melawan infeksi virus dan bakteri. Naiknya suhu tubuh saat demam berfungsi untuk melawan dan melenyapkan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa hal ini bisa menjadi penyebab demam pada anak yang perlu Bunda ketahui:

  1.   Flu

Penyakit ini bisa menjadi penyebab anak demam secara mendadak. Kondisi ini disebabkan oleh masuknya virus influenza yang menyerang hidung, tenggorokan, atau paru-paru. Beberapa gejala lainnya yang menyertai seperti pilek, hidung tersumbat, hingga sakit kepala.

  1.   Mengalami infeksi

Infeksi dan peradangan yang terjadi dalam tubuh juga bisa menyebabkan anak demam. Termasuk infeksi telinga yang bisa menyebabkan naiknya suhu tubuh anak. Beberapa penyakit lain yang disebabkan adanya infeksi seperti pilek, batuk, flu, dan radang tenggorokan.

  1.   Turunnya imunitas tubuh

Sistem kekebalan tubuh anak masih berkembang dan belum sempurna. Hal ini yang menyebabkan anak lebih mudah sakit dan terserang infeksi. Terutama saat perubahan cuaca seperti musim pancaroba serta daya tahan tubuh anak yang sedang menurun.

  1.   Efek vaksin/imunisasi

Demam juga bisa terjadi setelah anak mendapatkan suntikan vaksin atau imunisasi. Kondisi ini merupakan reaksi tubuh terhadap vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengembangkan kekebalannya. Efek imunisasi ini umumnya tidak berlangsung lama kok, Bunda.

  1.   Terlalu banyak beraktivitas di suhu yang panas

Terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari juga bisa menyebabkan demam. Jadi sebaiknya, hindari terlalu lama bermain di luar ruangan saat cuaca panas untuk mencegah terjadinya demam pada anak ya, Bunda.

Demam pada anak dapat terjadi kapan saja, Bunda. Hal ini menjadi tanda tubuh si kecil sedang berjuang melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, Bunda perlu tetap siaga dan selalu menyiapkan obat penurun demam sebagai pertolongan pertama pada panas demam anak.

Agar demam cepat reda, Bunda bisa berikan Termorex Patch untuk melengkapi penggunaan sirup turun panas demam si Kecil juga ya.

Termorex Patch adalah plester kompres demam yang aman dan praktis untuk bayi dan anak, terbuat dari hidrogel yang mengandung Menthol, yang mudah menembus lapisan kulit dengan baik, sehingga meningkatkan efek pendinginan dan penurunan suhu tubuh dan tahan sampai 8 jam. 

Selain aman dan praktis digunakan untuk bayi dan anak, Termorex Patch juga lembut di kulit dan aman digunakan bersama dengan sirup penurun panas bayi dan anak. Termorex Patch juga membantu meredakan sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri otot.

Tags:

Halaman