ARTIKEL

Cuaca yang Sedang Tidak Menentu, Bunda punya Senjata Ampuh dan Cepat turunkan Demam Anak

Jul 24, 2023 11:35am

Belakangan udara di Indonesia sedang mengalami penurunan yang drastis ke kondisi yang sedang tidak baik-baik saja. Hujan dan panas silih berganti tak menentu membuat kita lebih terserang penyakit, terlebih pada anak - anak.

 

Saat si kecil demam karena cuaca tidak menentu, biasanya bunda akan memberikan paracetamol untuk menurunkan panas. Kandungan parasetamol pada obat penurun panas yang ampuh untuk anak masuk dalam daftar analgesik atau pereda nyeri. 

 

Namun, bunda harus cermat saat memberikan obat ini kepada si kecil. Jangan sampai dosis kurang bahkan melebihi aturan yang dianjurkan. Sebab jika tidak tepat akan menimbulkan efek samping. Oleh karena itu bunda harus memberikan obat penurun panas yang ampuh untuk anak seperti Termorex original di rumah terlebih lagi untuk menghadapi cuaca yang tidak menentu. Sirup obat batuk penurun panas ini memiliki rasa yang cocok di lidah si kecil. Selain itu dapat membantu menurunkan panas akibat imunisasi, sakit kepala, hingga sakit gigi. Agar dapat berfungsi optimal dan tidak menimbulkan efek samping, jangan lupa bunda harus memperhatikan petunjuk pemberian obat ya bund.

 

Berikut ini beberapa tips agar aman dalam memberikan paracetamol, seperti:

  1. Perhatikan usia si kecil, Pemberian paracetamol dapat diberikan kepada si kecil di atas usia 3 bulan. Untuk pemberian paracetamol di bawah usia 3 bulan hendaknya berkonsultasi dulu dengan dokter si kecil.
  2. Jenis sediaan paracetamol, Paracetamol yang ada di pasaran terdiri dari berbagai varian, namun umumnya banyak tersedia dalam varian tablet dan sirup. Obat penurun panas anak dengan paracetamol jenis sirup paling mudah diberikan kepada si kecil. Salah satu sirup obat paracetamol yang bisa Bunda berikan adalah Termorex. Termorex adalah sirup obat pereda demam dengan rasa jeruk yang disukai anak - anak dan tidak mengandung alkohol
  3. Memperhatikan dosisnya, Obat penurun panas yang ampuh untuk anak pemberiannya harus sesuai dengan anjuran dosis pada dasarnya pemberian dosis Paracetamol yang tepat yaitu berdasarkan berat badan si kecil. Untuk si kecil dengan berat badan 5 hingga 8 kg dosis paracetamol tidak boleh melebihi kisaran 80 mg atau 2,5 ml.  Sedangkan untuk si kecil dengan berat badan 11 hingga 16 kg, dosis Paracetamol yang bisa bunda berikan yaitu 5 ml. Untuk si kecil berat badan 16 hingga 22 kg berikan paracetamol 240 mg. Untuk si kecil dengan berat badan 22 hingga 27 kg berikan Paracetamol 320 mg. Menginjak usia 13 tahun dengan berat badan 43 kg dosis obat penurun panas si kecil yang aman berkisar 640 mg. Gunakan sendok takar khusus yang telah tersedia dalam kemasan. Sebaiknya tidak menggunakan sendok makan atau sendok teh agar mendapat dosis yang sesuai.
  4. Jarak pemberian obat, Obat penurun panas yang ampuh untuk anak dapat bunda berikan kembali dengan jarak 4 atau 6 jam setelah pemberian sebelumnya. Sebaiknya tidak memberikan Paracetamol lebih dari 5 kali dalam sehari karena ada efek samping.

 

Perhatikan Hal Lain Sebelum Memberikan Obat Penurun Panas 

Sebelum memberikan obat penurun panas yang ampuh untuk anak perhatikan beberapa hal seperti:

  1. Alergi, Pastikan si kecil tidak memiliki riwayat alergi terhadap kandungan paracetamol gejala alergi yang mungkin timbul, antara lain ruam merah pada kulit, muntah ,dan sulit bernapas.
  2. Kombinasi dengan obat-obatan lainnya, Bunda juga perlu memperhatikan pemberian jenis obat-obatan lainnya dalam waktu bersamaan. Penggunaan obat lain yang mengandung parasetamol dalam waktu bersamaan tidak dianjurkan hal ini akan menimbulkan overdosis pada si kecil.
  3. Kondisi kesehatan khusus, Pada si kecil yang memiliki kondisi kesehatan khusus seperti masalah pada ginjal dan hati, bunda sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter si kecil. Jika pemberian Paracetamol tidak bisa membuat demam si kecil turun, sebaiknya segera membawanya ke dokter.

 

Tags:

Halaman