ARTIKEL

Cara Penularan Monkeypox (Cacar Monyet) pada Manusia

Sep 21, 2024 1:22am

Akhir-akhir ini, penyakit monkeypox sedang banyak dibicarakan dan membuat masyarakat was-was. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Monkeypox virus (MPXV) yang masuk dalam genus Orthopoxvirus, keluarga Poxviridae.

Monkeypox merupakan penyakit menular yang dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan orang yang daya tubuhnya lemah. Cara penularan monkeypox hampir sama dengan penularan virus flu. Gejala awalnya juga hampir sama, yang membuat banyak orang tua tidak waspada dengan gejala penyakit ini.

Mengingat virus ini dapat menyebar dengan mudah, bunda perlu mengetahui berbagai cara penularan monkeypox ke dalam tubuh manusia. Yuk, baca artikel ini sampai habis!

1.
Manusia ke manusia
Penyebaran virus monkeypox dapat terjadi melalui kontak langsung dengan ruam, luka, atau cairan tubuh seseorang yang terinfeksi monkeypox. Selain itu, virus dapat menyebar jika menghirup droplets saat penderita batuk dan bersin.

Maka dari itu, orang yang mengalami gejala monkeypox dianjurkan untuk menggunakan masker supaya tidak menyebarkan virusnya ke orang lain.

Dilansir dari laman WHO, ibu hamil juga rentan terinfeksi virus monkeypox dan efeknya bisa lebih berat, bukan hanya untuk ibu tetapi juga untuk janin yang dapat menyebabkan keguguran, dan prematur.

2.
Hewan ke manusia
Beberapa hewan seperti monyet,  anjing, kelinci, tikus, landak, dan rusa dapat menularkan virus monkeypox melalui gigitan, cakaran, atau kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau luka pada hewan yang terinfeksi.

Selain itu, mengkonsumsi daging hewan liar dan daging yang kurang matang juga dapat menimbulkan resiko penularan virus. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan daging yang ingin dikonsumsi sudah dicuci bersih dan dimasak dengan matang.

3.
Kontak dengan benda yang terkontaminasi
Virus monkeypox dapat bertahan hidup pada permukaan benda yang terkena droplets dari orang yang terinfeksi. Manusia juga dapat tertular jika menyentuh benda-benda yang terkontaminasi oleh hewan yang terinfeksi. Sebagai pencegahan, hindari meminjam barang-barang pribadi seperti alat makan, atau alat tidur.

Setelah mengetahui cara penularan monkeypox, ada baiknya jika bunda mengetahui gejala awal monkeypox yang hampir sama dengan gejala flu biasa. Gejala awal monkeypox meliputi:

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Sakit punggung
  • Panas dingin

Untuk memastikan apakah gejala monkeypox atau bukan, ada baiknya Bunda konsultasikan lebih lanjut ke dokter ya. Tapi sebagai pertolongan pertama untuk menangani demam gejala monkeypox, bunda bisa memberikan si kecil  Termorex.

Termorex, merupakan sirup obat dengan kandungan paracetamol untuk membantu meredakan demam pada anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala, dan sakit gigi. Termorex telah menjadi sirup obat demam andalan para ibu di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Hadir dengan rasa jeruk dan bebas alkohol.

Bunda bisa beli Termorex, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex store, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

BACA JUGA: Waspada Monkeypox, Kenali Cara Pencegahannya!

Tags:

Halaman