ARTIKEL

Cara Jitu Jika Demam Anak Terus Berlanjut

Sep 07, 2023 7:19pm

Saat anak anda yang masih bayi terserang demam, sebaiknya Bunda tidak perlu khawatir. Sebab, bayi memang lebih mudah terserang demam, dan demamnya pun tidak begitu berbahaya. Untuk mengobatinya, kompres tubuh si kecil karena kompres meredakan demam pada anak dengan cepat.

Namun,  yang perlu bunda waspadai adalah saat demam si kecil tak kunjung reda, dan justru terus berlanjut. Lalu, apa langkah atau cara yang tepat yang seharusnya Bunda lakukan saat si kecil mengalami demam yang terus berlanjut?

 

Cara Mengatasi Demam pada si kecil yang Berlanjut dengan Alami

Faktanya, demam membantu kekebalan tubuh melawan infeksi yang masuk pada tubuh si kecil. Yang menjadi perhatian adalah saat si kecil demam dan Bunda sudah kompres badan si kecil tetapi demamnya terus saja berlanjut. Karena  meski kompres meredakan demam pada anak, bunda juga memiliki cara lain agar si kecil terbebas dari demam.

Adapun cara lainnya yang tentu saja alami untuk meredakan demam si kecil yang berlanjut yaitu :

 

Kompres tubuh si kecil dengan Termorex Patch

Termorex Patch adalah plester penurun demam yang sangat mudah untuk digunakan, daya lekat kuat, dan aman digunakan bersama obat. Tinggal tempel saja di dahi atau bagian tubuh lainnya, seperti lipatan ketiak. Setelah Termorex Patch ditempel di dahi si kecil, rasa dinginnya tahan hingga 8 jam. si kecil pun akan merasa semakin sejuk. Tak hanya itu, Termorex Patch juga mampu menurunkan panas dan meringankan demam, membantu meredakan sakit kepala. 

 

Termorex Patch dapat digunakan bersama dengan sirup obat, jadi untuk bantu redakan demam si Kecil setelah tempelkan plester kompres Termorex Patch, Bunda juga bisa berikan Termorex sirup. Termorex telah lebih dari 30 tahun menjadi andalan para ibu ibu Indonesia untuk bantu meredakan demam si kecil. Termorex memiliki rasa jeruk yang disukai anak - anak dan tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk si Kecil.

 

Pilihlah Pakaian yang Nyaman dan Tipis untuk si kecil

Ketika si kecil demam, ada sebagian orang tua yang memakaikan si kecil pakaian tebal. Hal ini bertujuan agar si kecil mudah berkeringat dan suhu panas dalam tubuh pun menurun.

Akan tetapi, sebenarnya cara tersebut sangat keliru. Hal ini karena pakaian yang tebal justru akan membuat suhu tubuh semakin meningkat dan tubuh pun sulit mengeluarkan panasnya.

Sebaliknya, saat demam, pakaikan pakaian yang nyaman dan tipis. Alasannya karena pakaian yang tipis mampu mengeluarkan panas atau suhu tinggi pada badan si kecil dengan mudah.

 

Cukupi Cairan Tubuh si kecil

Alangkah lebih baik, jangan terlalu panik saat demam si kecil tak kunjung turun atau reda. Asalkan demam si kecil tidak terlalu tinggi.

Kemudian, Bunda pun bisa melakukan cara yang mudah untuk meredakan demam pada si kecil. Salah satu caranya yaitu dengan mencukupi cairan pada tubuh si kecil. 

Kenapa begitu? Hal ini karena demam bisa mengurangi cairan dalam tubuh. Untuk itu, Bunda perlu memberikan air minum yang cukup kepada si kecil agar tubuh si kecil tetap terhidrasi. 

Bukan hanya itu, keadaan tubuh yang tetap terhidrasi mampu mengatur suhu tubuh. Dengan begitu, suhu tubuh si kecil bisa kembali normal dengan cepat.

 

Berikan Makanan Bergizi

Demam pada si kecil masih saja berlanjut? Tetap tenang, dan pastikan Bunda tetap memberikan makanan yang bergizi untuk si kecil. Contohnya, daging, telur, buah, dan susu.

Makanan bergizi mampu memperkuat kekebalan tubuh si kecil. Hasilnya, kekebalan tubuh mampu melawan virus dan bakteri yang bisa menjadi penyebab demam terus berlanjut pada si kecil.  si kecil pun akan semakin cepat pulih dan sembuh dari demam. 

 

Perhatikan Suhu Ruangan

Ketika si kecil demam berkelanjutan, Bunda tidak hanya memperhatikan suhu tubuh si kecil saja, tetapi suhu ruangan yang ditempati si si kecil. Misalnya, kamar si kecil. Dalam hal ini, suhu ruangan yang sejuk bisa membuat si kecil semakin nyaman dan mampu menurunkan suhu tinggi dalam tubuh si kecil

Bunda bisa menggunakan AC ataupun kipas angin untuk menyejukkan ruangan. Namun, perhatikan juga suhu AC dan arah kipas anginnya. Sebaiknya, atur suhu AC yang tidak terlalu rendah. Jika Bunda menggunakan kipas angin, jangan pernah mengarahkan kipas angin langsung ke si kecil.

 

Itulah cara yang bisa Bunda lakukan untuk meredakan demam pada si kecil. Ingat, jangan lupa juga untuk tetap kompres si kecil karena kompres meredakan demam pada anak.

Tags:

Halaman