ARTIKEL

Cara Berjemur Untuk Anak yang Ideal

Jun 26, 2020 9:56am

Bunda pasti sudah sering mendengar bahwa bayi hingga anak-anak butuh berjemur. Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit kuning, paparan cahaya matahari pagi juga baik untuk menstimulus pembentukan vitamin D. Vitamin D berguna dalam menyerap kalsium dan fosfor yang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi sang buah hati. Tidak hanya itu, Vitamin D juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk memproduksi hormon serotonin.

Namun cara berjemur untuk anak-anak tentu saja tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu Bunda ketahui terkait cara berjemur yang ideal. Berikut ulasan selengkapnya.

Usia anak yang butuh berjemur

Sang buah hati sudah bisa diajak berjemur bahkan sebelum usianya genap satu bulan. Untuk anak usia 0 hingga 6 bulan, cara menjemurnya harus lebih hati-hati dan terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan. Sangat disarankan jika dilakukan saat matahari baru akan terbit karena paparan cahayanya masih belum begitu panas.

Anak usia di bawah enam bulan jauh lebih sensitif terhadap sinar matahari, karena itu sebaiknya berjemur pun tidak dilakukan terlalu lama. Pastikan si kecil juga tetap berpakaian saat berjemur. Jika sang buah hati sudah berusia lebih dari enam bulan atau sudah genap satu tahun, Bunda dapat menambah durasi berjemur sedikit lebih lama..

Durasi ideal untuk berjemur anak

Untuk durasi ideal berjemur sang anak, sebaiknya tidak lebih dari 10 atau 15 menit. Jika sang buah hati baru saja lahir dan belum genap berusia enam bulan, berjemur selama 10 menit sudah cukup. Jika usianya bertambah, durasi berjemur bisa dilakukan lebih. Namun tidak lebih dari 15 menit. Selain itu berjemur juga tidak harus Bunda lakukan setiap pagi.

Walaupun si kecil butuh untuk terkena sinar matahari, namun jangan bawa mereka berjemur terlalu lama. Dalam salah satu studi yang dilakukan oleh tenaga medis dari University College of Medical Sciences India, ternyata berjemur selama 30 menit dalam rentang waktu satu minggu sudah cukup bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D. Ini berarti dalam seminggu, cukup dua hingga tiga kali berjemur saja bagi si kecil.

Waktu yang tepat untuk berjemur

Waktu yang tepat untuk Bunda mengajak sang buah hati berjemur adalah di antara jam 6 hingga 8 pagi. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa satu jam setelah matahari terbit adalah waktu berjemur paling ideal.

Setelah lewat dari rentang waktu tersebut, panas matahari akan sangat menyengat. Jika menjemur si kecil di jam itu, bisa saja justru terjadi iritasi pada kulit si kecil. Oleh sebab itu, perhatikan dengan benar waktu bangun dan bersiap-siap agar tepat waktu saat akan berjemur bersama sang buah hati di pagi hari, ya, Bunda!

Pakaian yang dikenakan anak

Ingat, saat berjemur anak harus tetap dikenakan pakaian. Pilihlah pakaian yang tipis dan nyaman dikenakan untuk berjemur. Untuk anak berusia di bawah enam bulan, siapkan topi atau penutup area mata agar tidak terkena sinar matahari langsung. Tidak masalah juga bagi anak bayi untuk tetap mengenakan popoknya selama berjemur.

Jika diperlukan, atau mempertimbangkan usia bayi yang masih sangat muda, Bunda dapat mengoleskan tabir surya khusus untuk bayi sebelum berjemur. Ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya iritasi pada bayi.

Lokasi berjemur yang tepat

Hindari menjemur bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan di bawah matahari langsung. Bunda cukup duduk dekat pintu atau jendela. Dengan begini, kulit bayi yang masih sangat sensitif terhindar dari potensi iritasi namun bayi tetap bisa berjemur dan mendapat manfaat.

Berbeda halnya jika sang buah hati sudah berusia satu tahun atau lebih, Bunda bisa mengajaknya keluar ruangan dan menikmati paparan hangat matahari pagi. Tidak perlu berjalan keluar area rumah, bisa di teras atau halaman rumah saja mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang belum usai.

Selain cara-cara berjemur di atas tadi, hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah saat berjemur pastikan posisi anak tepat, terutama jika masih bayi berusia di bawah satu tahun. Bunda perlu memposisikan sang buah hati tengkurap dan telentang dalam durasi tertentu agar hangat dan manfaat sinar matahari bisa diserap dengan baik oleh tubuh sang buah hati.

  

Meta desc   : Berjemur bisa jadi aktivitas tepat untuk membantu tumbuh kembang sang buah hati, selama Bunda tahu cara berjemur untuk anak yang tepat. Ini ulasan lengkapnya.

Tags:

Halaman

Artikel Terkait