ARTIKEL

Cacingan Dapat Pengaruhi Kecerdasan Anak, Kok Bisa?

Aug 30, 2022 8:15am

Cacingan memang tidak menyebabkan kematian secara langsung, Bunda. Tapi infeksi cacing punya efek jangka panjang khususnya pada tumbuh kembang anak. Tidak hanya kekurangan gizi, infeksi cacing turut memicu penurunan fungsi kognitif atau kecerdasan anak.

Beberapa gejala anak kekurangan gizi akibat cacingan seperti anemia, nafsu makan menurun, diare, gangguan penyerapan makanan, gangguan tumbuh kembang hingga stunting (fisik anak lebih pendek dan kecil dari teman sebayanya).

Kenapa Cacingan Pengaruhi Kecerdasan Anak?

Telur atau larva cacing yang masuk ke dalam tubuh akan berkembang biak di saluran pencernaan. Pada akhirnya, cacing-cacing yang berkembang biak di pencernaan ini akan menyerap nutrisi yang dibutuhkan anak. Kondisi ini dapat membuat anak menjadi lebih mudah lelah dan lemas serta kurang konsentrasi. Biasanya, anak dengan kondisi malnutrisi terus menerus memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata serta produktivitas yang rendah.

Anak yang terserang cacingan juga biasanya akan merasa gatal di area anus pada malam hari. Akibatnya, anak akan mengantuk di pagi hari serta tidak semangat belajar di sekolah karena kurangnya waktu tidur. Hal ini akan membuat anak sulit berkonsentrasi dan memahami materi pelajaran di dalam kelas. Secara tidak langsung hal ini dapat memengaruhi kecerdasan otak anak.

Bisakah Cacingan Menyerang Orang Dewasa?

Perlu diketahui Bunda, infeksi cacing tidak hanya dapat terjadi pada anak-anak. Orang dewasa juga bisa terserang infeksi cacing dengan gejala yang berbeda-beda. Penularan cacingan dapat berlangsung melalui benda-benda yang sebelumnya telah terkontaminasi telur atau larva cacing. Bila tanpa sengaja tersentuh, telur cacing yang menempel dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung.

Selain itu, telur atau larva cacing juga bisa masuk ke dalam tubuh orang dewasa melalui makanan yang terkontaminasi. Jadi, bukan cuma anak-anak yang bisa terserang cacingan ya, Bunda. Waspadai juga gejala cacingan pada orang dewasa.

Untuk mencegah penularan infeksi cacingan, Ayo Jaga Kesehatan badan, makanan dan lingkungan agar terhindar dari cacingan. Dan pastikan Bunda sekeluarga rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali. Konvermex adalah obat cacing keluarga dalam bentuk suspensi dan tablet/kaplet yang mengandung Pyrantel Pamoate yang dapat melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar.

Tags:

Halaman