ARTIKEL

Biang Keringat Pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jun 27, 2022 7:57am

Biang keringat merupakan salah satu masalah kulit yang sering menyerang anak, terutama saat cuaca panas. Biang keringat umumnya dialami oleh bayi dan anak-anak. Namun, masalah kulit ini juga bisa dialami orang dewasa.

Biang keringat terjadi karena saluran keringat yang tersumbat sehingga tidak bisa mengeluarkan keringat. Gejala umum biang keringat adalah munculnya ruam dan bintik-bintik merah di kulit. Meski tidak membahayakan, biang keringat bisa mengganggu kegiatan anak dan membuatnya merasa tak nyaman.

Biang keringat memicu rasa gatal dan perih yang sangat mengganggu. Beberapa cara ini bisa Bunda lakukan untuk mengatasi biang keringat serta meredakan rasa gatal yang ditimbulkan:

  1. Mendinginkan bagian tubuh dengan air

Berikan kompres dingin dengan waslap basah yang telah dicelupkan ke air dingin. Kompres pada area yang terdapat biang keringat. Namun, bila biang keringat menyebar pada area tubuh yang lebih luas, Bunda bisa memandikan anak dengan air dingin tanpa menggunakan sabun. Mandikan anak 3 kali dalam sehari selama kurang lebih 10 menit.

  1. Mendinginkan suhu ruangan

Atur suhu ruangan agar lebih sejuk. Bunda bisa menyalakan kipas angin atau pendingin ruangan (AC) untuk membuat suhu kamar menjadi lebih sejuk. Ruangan yang sejuk membantu anak tertidur dengan nyaman dan terhindar dari biang keringat. Namun, hindari mengarahkan kipas angin atau AC langsung ke tubuh anak. Sebaiknya arahkan kipas ke tembok agar arah anginnya bisa menyebar ke seluruh ruangan.

  1. Menggunakan pakaian tipis dan menyerap keringat

Perhatikan pakaian yang dikenakan si kecil, terutama saat cuaca panas dan muncul tanda-tanda biang keringat. Saat cuaca panas, pakaikan si kecil baju yang tipis, longgar dan menyerap keringat. Sebaiknya Bunda memberikan si kecil pakaian dengan lengan pendek dan hindari pakaian berbahan kain sintetis (seperti polyester dan nilon).

4 . Mengonsumsi lebih banyak air putih agar kulit tidak kering

Pastikan tubuh anak tetap terhidrasi. Berikan lebih banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Saat udara panas, keringat akan keluar lebih banyak sehingga tubuh membutuhkan asupan cairan.

  1. Menggunakan lotion pereda gatal

Hindari mengoleskan salep pada area yang mengalami biang keringat. Salep dapat membuat saluran keringat tersumbat dan memicu rasa gatal semakin parah. Sebaiknya berikan lotion pereda gatal untuk mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Dokter merekomendasikan untuk memberikan krim dengan kandungan 1 persen hidrokortison untuk mengurangi rasa gatal akibat biang keringat.

Itulah beberapa cara mengatasi biang keringat pada anak yang bisa Bunda lakukan di rumah. Jangan ragu untuk segera membawa si kecil ke dokter bila gejala semakin parah dan tak juga menghilang.

Tags:

Halaman