ARTIKEL

Bermain Sambil Ajarkan Anak Membereskan Kamar? Bisa dong Bun!

Sep 08, 2021 9:38am

Bermain merupakan kegiatan menyenangkan yang disukai anak-anak. Saat si kecil asik bermain dengan mainannya, Bunda dapat dengan leluasa melakukan ‘me time’ atau kegiatan lainnya tanpa khawatir diganggu si kecil. 

 

Tapi anak-anak adalah ahlinya dalam membuat kekacauan ya, Bunda. Dalam sekejap rumah akan menjadi sangat berantakan dengan banyaknya mainan yang berserakan. Sayangnya, anak-anak bukan ahlinya dalam membereskan rumah. Kegiatan merapikan rumah menjadi salah satu hal yang tidak disukai anak. Betul tidak, Bunda?

 

Beberapa tips ini mungkin bisa membantu Bunda untuk mengajak si kecil membereskan rumah. Selain mendapatkan rumah yang rapi dan bersih, Bunda juga bisa melakukan kegiatan seru dan menarik bersama anak di rumah.

 

 

  • Jadikan Ajang Lomba Memasukkan Mainan ke Dalam Kardus

 

Perlu Bunda ingat, jangan pernah memaksa si kecil untuk merapikan mainannya dengan kalimat perintah. Hal ini malah akan membuat anak melakukan penolakan yang berujung perdebatan antara Bunda dan si kecil. Semakin keras Bunda memintanya, maka akan semakin keras pula anak memberikan penolakan. 

 

Untuk menyiasatinya, Bunda bisa membuat perlombaan kecil bersama anak. Ajak anak berlomba memasukkan mainan ke dalam kardus atau kotak penyimpanan. Bisa juga dengan memberikan instruksi pada anak untuk mengumpulkan 3 mainan di babak pertama, selanjutnya 5 mainan di babak kedua, dan begitu seterusnya.

 

 

  • Lakukan Kegiatan Merapikan Barang Bersama-sama

 

Jangan hanya meminta dan memerintah si kecil untuk membereskan mainannya, Bunda. Ikutlah bersama si kecil merapikan mainannya. Membereskan mainan bersama-sama tentu jadi kegiatan menyenangkan yang dilakukan si kecil bersama Bunda. Untuk anak dengan usia lebih kecil, Bunda bisa meminta anak mengumpulkan mainan-mainan yang kecil dan ringan. Sementara Bunda membantu mengumpulkan mainan berukuran besar dan berat. Namun hal ini tidak berlaku pada anak dengan usia lebih besar ya Bunda. Usahakan tidak membantu si kecil untuk mengajarkannya tanggung jawab.

 

 

  • Siapkan To Do List dan Berikan Stamp Setiap Anak Selesai Melakukan Satu Tugas

 

Cara seru lainnya adalah dengan membuat daftar pekerjaan atau to do list pada anak. Cara ini memudahkan Bunda dan anak tentunya dalam merapikan kamar dan rumah. Minta si kecil merapikan dan membereskan kamarnya berdasarkan daftar yang telah dibuat. Berikan stamp setiap kali anak selesai melakukan tugasnya. 

 

 

  • Setelah Merapikan Kamar, Beri Reward untuk Anak

 

Jika semua pekerjaan selesai dan kamar sudah bersih dan tertata rapi, jangan lupa untuk memberikan reward pada anak ya, Bunda. Reward atau hadiah yang Bunda berikan sebagai bentuk penghargaan atas usaha si kecil merapikan kamar dan mainannya. Bunda bisa memberikan pujian atau makanan kesukaan si kecil setelah ia berhasil menyelesaikan tugasnya.

 

Rasanya senang ya jika si kecil sudah bisa diajak bekerjasama untuk membersihkan kamarnya. Jangan sampai proses belajar anak jadi terganggu karena kesehatannya menurun ya, Bunda. 

 

Saat beraktivitas di dalam rumah, anak bisa saja mengalami gangguan kesehatan seperti panas demam. Sebagai pertolongan pertama pada gangguan panas demam anak, Bunda bisa memberikan Termorex Sirup dan Termorex Patch.

 

Termorex memiliki 3 varian yang bisa disesuaikan dengan usia dan gejala yang dialami si kecil, di antaranya yaitu:

  • Termorex sirup obat turun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak. Membantu meredakan panas demam pada bayi dan anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala dan sakit gigi.
  • Termorex Baby dengan rasa jeruk untuk meringankan rasa sakit dan menurunkan panas demam pada bayi.
  • Termorex Plus dengan rasa jeruk dan tanpa alkohol untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan Termorex Patch untuk menurunkan demam anak. Termorex Patch adalah plester kompres demam yang aman dan praktis untuk bayi dan anak. Termorex Patch terbuat dari hydrogel yang efektif panas dan tahan hingga 8 jam. Termorex Sirup dan Termorex Patch bisa digunakan bersama untuk membantu meringankan demam anak.

 

Dengan Termorex Sirup dan Termorex Patch, Bunda tidak perlu panik lagi saat si kecil tiba-tiba panas demam ketika beraktivitas di rumah.

Tags:

Halaman