ARTIKEL

Beragam Posisi Tidur Anak saat Pilek, Nyaman dan Nyenyak!

Aug 04, 2024 12:08pm

Saat pilek menyerang, kita jadi kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi jika pilek menyerang anak-anak yang masih sulit untuk mengungkapkan keluh kesahnya, bunda harus terjaga sepanjang malam karena si kecil lebih rewel dari biasanya.

Hidung yang berair atau tersumbat bisa menjadi halangan untuk tidur nyenyak. Maka dari itu, posisi tidur harus diatur agar hidung bisa bernafas dengan lega. Mengatur posisi tidur anak saat pilek cukup sulit karena bunda tidak tahu posisi tidur yang sebenarnya nyaman untuk si kecil.

Namun jangan risau, baca artikel ini untuk mengetahui posisi tidur anak saat pilek agar si kecil terhindar dari hidung tersumbat dan bisa tidur nyenyak.

1. Posisi miring
Tidur dengan posisi miring adalah posisi yang paling sering dilakukan orang dewasa dan anak-anak saat menderita pilek, apalagi jika hidung tersumbat sebelah. Pertama-tama, bunda harus mengetahui hidung sebelah mana yang tersumbat. Jika hidung yang tersumbat sebelah kiri, maka berbaringlah di sebelah kanan, begitupun sebaliknya.

Letakkan bantal di antara lutut untuk mengurangi ketegangan pada punggung bagian bawah. Pastikan bantal yang digunakan si kecil empuk dan nyaman untuk menghindari sakit leher. Bunda juga bisa meletakkan kain di samping wajah anak untuk menyerap lendir yang mencair.

2.
Tinggikan kepala
Dilansir dari laman Sleep Doctor, hindari tidur dengan posisi horizontal untuk menghindari penumpukan lendir di tenggorokan. Posisi yang tepat adalah dengan menempatkan kepala lebih tinggi daripada badan. Meninggikan kepala saat tidur dapat meningkatkan aliran udara dan membantu mengurangi keparahan gejala pilek.

Bunda dapat meletakkan 2 bantal di bawah leher si kecil, namun pastikan bantal tidak terlalu tinggi dan keras karena dapat membuat leher pegal. Untuk tidur yang lebih nyaman, bunda bisa menggunakan tumpukan handuk atau mempertimbangkan untuk membeli
wedge pillow, yaitu bantal dengan bentuk segitiga siku-siku.

3. Tidur setengah duduk
Jika kedua lubang hidung tersumbat, cobalah tidur dengan posisi setengah duduk. Meskipun terdengar tidak nyaman, namun sangat ampuh untuk mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan, serta membuat nafas lebih lega. Tumpuklah beberapa bantal di punggung, dan minta si kecil mengatur posisi tidurnya.

Sebelum tidur, si kecil bisa melakukan terapi uap terlebih dahulu supaya lendir lebih cepat cair. Siapkan baskom berisi air hangat, dan berikan beberapa tetes minyak kayu putih. Rentangkan handuk di belakang kepala kemudian minta anak untuk menghirup uapnya.

Selain memperhatikan posisi tidur, bunda bisa sediakan stok obat di rumah untuk jaga-jaga ya. Untuk pertolongan pertama saat pilek menyerang, berikan saja
Anakonidin.

Anakonidin, sirup batuk dan pilek dengan varian rasa cherry yang tidak mengandung alkohol. Bunda bisa beli Anakonidin, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex estore, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

BACA JUGA: Kehujanan Menjadi Penyebab Flu, Mitos atau Fakta?

Tags:

Halaman