ARTIKEL

Awas, Inilah Tanda Anak Terkena Cacingan

Jun 24, 2019 2:55pm

Cacingan pada anak kerap terjadi. Apabila anak Bunda mengalami cacingan, Bunda harus paham akan tanda-tandanya. Tanda anak cacingan memang bermacam-macam, namun untuk mengetahui tanda-tanda cacingan pada anak secara spesifik mungkin sulit. Apalagi pada kasus infeksi ringan, misalnya, anak yang terkena cacingan mungkin tidak menunjukkan tanda sama sekali. Meski demikian, masih ada tanda anak cacingan yang bisa Bunda waspadai. Berikut informasinya!

 

Tanda infeksi parah pada anak

Meski untuk kasus infeksi ringan tanda anak cacingan sulit terlihat, namun anak yang mengalami infeksi parah bisa menunjukkan tanda-tanda yang terlihat jelas. Beberapa tanda anak cacingan yang mungkin terjadi adalah anak menjadi lemah, letih, dan lesu. Pada kondisi ini, peruat anak juga dapat terlihat membuncit. Secara keseluruhan, tubuh anak juga bisa jadi menjadi kurus karena cacing dalam tubuhnya terus menghisap darah dan nutrisi.

Anak yang mengalami cacingan berakibat buruk pada kesehatannya karena seluruh makanan bergizi dan berbagai macam nutrisi telah dimakan oleh cacing. Lama kelamaan, anak bisa mengalami stunting. Untuk kasus infeksi kremi, Bunda dapat mengetahui tanda-tandanya secara lebih spesifik karena cacing dapat dengan mudah terlihat di dubur anak. Jika menemukan tanda ini, Bunda harus segera memeriksakan kondisi anak ke dokter anak.

 

Tanda anak terkena cacing usus

Anak-anak yang terkena cacing usus bisa menunjukkan tanda sering menggaruk. Hal tersebut terjadi karena cacing kremi dalam tubuh anak mempunyai siklus penularan yang sangat mudah dan bisa bertelur di sekitar anus anak pada malam hari. Hal ini dapat menyebabkan anak menggaruk karena timbul rasa gatal. Kondisi ini juga akhirnya dapat membuat telur cacing berpindah ke tangan dan kuku jari anak, membuat dampak buruk cacing lebih besar.

Penularan cacingan pada anak yang sangat mudah pada anak-anak lainnya hingga anggota keluarga membuat cacing kremi benar-benar harus diantisipasi. Telur cacing kremi yang dapat bertahan hingga tiga minggu membuat Bunda harus memperhatikan kebersihan dan kesehatan anak. Selain cacing kremi, cacing parasit seperti cacing tambang juga dapat menyebar lewat kontak dengan tanah yang terkontaminasi hewan peliharaan serta manusia.

 

Tanda anak cacingan berdasarkan jenis cacing

Bila anak terkena cacing kremi, beberada tandanya adalah:

  1. Anak mengalami gatal yang terus menerus, khususnya di sekitar anus
  2. Menjadi sulit tidur karena timbulnya rasa gatal di sekitar anus
  3. Area anus terasa nyeri dan terjadi iritasi
  4. Ditemukan cacing kremi pada tinja

 

Untuk anak yang terkena cacing gelang, beberapa tandanya adalah:

  1. Mengalami batuk
  2. Mengalami nyeri pada perut
  3. Mengalami mual hinga muntah
  4. Anak mengalami penuruan badan turun
  5. Terlihat cacing pada tinja
  6. Anak menjadi lesu

 

Anak Bunda yang terkena cacing tambang mungkin mengalami tanda-tanda berikut:

  1. Anak mengalami nyeri perut yang hilang timbul sehingga membuatnya sangat rewel
  2. Mengalami diare
  3. Demam
  4. Mual
  5. Anemia yang membuat anak terlihat pucat
  6. Anak menjadi tidak nafsu makan
  7. Anak mengalami rasa gatal pada area di mana larva masuk ke dalam kulit
  8. Abila usus anak mengalami infeksi akibat cacing akan ditemukan darah dalam feses

 

Untuk anak yang terkena cacing pita, tanda-tandanya adalah:

  1. Anak sering merasa mual
  2. Anak mengalami sakit perut
  3. Telihat lemah dan lemas
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Mengalami penurunan berat badan
  6. Apabila gejala infeksi cacing pita sudah menyebar di bagian tubuh, anak mungkin mengalami kerusakan organ dan jaringan.

 

Itulah tanda anak cacingan yang harus Bunda ketahui. Bila anak menunjukkan tanda cacingan, segera ambil langkah pengobatan yang tepat ya, Bunda. Semoga bermanfaat!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait