ARTIKEL

Apa Benar Tumbuh Gigi Pada Anak Bisa Sebabkan Demam?

Mar 10, 2022 2:26pm

Demam pada bayi sering dikaitkan dengan tumbuh kembang anak, termasuk ketika si kecil sedang tumbuh gigi. Kebanyakan orang tua percaya demam pada bayi sebagai tanda tumbuh gigi. Padahal Bund, demam tumbuh gigi hanya mitos lho!

Saat tumbuh gigi, biasanya anak akan merasa kurang nyaman terutama di bagian gusi. Kondisi ini terasa menyakitkan dan mengganggunya selama beberapa hari atau bahkan beberapa bulan. Hal ini menyebabkan anak menjadi lebih rewel. Saat tumbuh gigi, suhu tubuh anak biasanya akan ikut meningkat. Namun, ini bukan satu-satunya tanda anak sedang tumbuh gigi. Berikut ini ciri-ciri tumbuh gigi pada anak yang perlu Bunda ketahui:

Anak Susah Makan

Proses tumbuh gigi pada anak biasanya turut membuatnya kehilangan nafsu makan. Bahkan pada beberapa bayi, hal ini membuatnya menolak untuk makan dan minum sama sekali. Kondisi ini umumnya dipicu oleh peradangan gusi yang terjadi saat tumbuh gigi.

Mengeluarkan Banyak Liur

Ciri selanjutnya anak sedang tumbuh gigi adalah keluarnya banyak air liur dari mulut. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan gerak otot di mulut bayi saat gigi tumbuh. Kinerja ludah pun jadi lebih aktif dan menyebabkan produksi air liur lebih banyak dari biasanya.

Si Kecil Sering Menangis

Proses tumbuh gigi cenderung membuat anak jadi lebih rewel dari biasanya serta membuatnya sulit tidur di malam hari. Rasa sakit dan kurang nyaman terutama di bagian gusi membuatnya kerap menangis, terutama di malam hari. Hal ini karena laju pertumbuhan gigi mengalami peningkatan di waktu malam.

Gusi Bengkak

Ciri ini bisa Bunda lihat ketika anak membuka mulutnya. Biasanya gusi membengkak dan berwarna kemerahan di area gigi akan tumbuh. Bunda juga bisa melihat adanya gigi yang muncul di dalam gusi si kecil yang sedang radang tersebut.

Teething

Proses tumbuh gigi juga membuat gusinya terasa gatal. Akibatnya, anak lebih suka memasukkan tangannya ke mulut, serta menggigit benda apapun yang ada di dekatnya.

Saat tumbuh gigi, biasanya suhu tubuh anak akan mengalami peningkatan. Namun kondisi ini tidak membuat anak mengalami demam tinggi, Bunda. Umumnya anak akan mengalami demam ringan dengan suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat Celcius dan masuk dalam kategori demam ringan.

Kondisi demam pada anak sebenarnya bukan karena tumbuh gigi, Bunda. Demam yang terjadi pada anak umumnya disebabkan karena infeksi virus dan bakteri. Saat tumbuh gigi, anak jadi lebih suka memasukkan dan menggigit benda apapun ke mulutnya. Hal ini membuat kuman dan bakteri yang menempel di benda ikut masuk ke dalam mulutnya dan menyebabkan infeksi.

Jika hal ini terjadi, segera lakukan penanganan yang tepat untuk meredakan demam pada anak. Untuk penanganan demam di rumah, Bunda bisa memilih obat penurun demam yang mengandung paracetamol dan tanpa alkohol di Konimexstore. Bunda juga bisa menggunakan plester demam yang praktis dan efektif menurunkan suhu tubuh pada anak.

Tags:

Halaman