ARTIKEL

Anak Panas disertai flu Berikan Obat yang Efektif turunkan Demam

Sep 07, 2023 7:02pm

Setiap orang sudah pasti mementingkan kesehatan daripada segala hal. Apalagi jika itu menyangkut kesehatan si kecil. Mengalami rasa khawatir hingga panik biasa terjadi ketika mendapati si kecil sedang sakit. Demam disertai flu adalah salah satu kondisinya. Bunda pasti sangat memerlukan obat yang efektif dalam saat-saat tersebut.

 

Pertolongan Pertama untuk Turunkan Panas si kecil

Berikut pertolongan pertama yang bisa bunda lakukan pada si kecil yang sedang demam disertai flu sebelum memberikan obat yang efektif meredakan panas anak:

 

  • Tes Suhu Tubuh

Untuk tes suhu tubuh, bisa dilakukan dengan termometer digital, termometer rektal, termometer dahi, termometer oral, atau termometer aksila. Dari sekian banyak jenis termometer, disarankan jika si kecil berusia di bawah 3 bulan menggunakan termometer dahi atau rektal. Jika si kecil berusia 4 bulan atau lebih efektif menggunakan termometer rektal, dahi, atau aksila. Untuk si kecil usia lebih dari 6 bulan bisa gunakan termometer rektal, termometer dahi, aksila, atau telinga. Sedangkan untuk si kecil berusia 4 tahun atau lebih, bisa menggunakan termometer oral, telinga, dahi, atau aksila.

  • Lakukan Perawatan di Rumah

Perawatan di rumah tidaklah sulit, pastikan si kecil menggunakan pakaian yang ringan dan tipis. Tujuannya untuk membuat tubuh si kecil terasa nyaman. Jangan sampai memakaikan si kecil pakaian yang tebal dan sesak, karena itu bisa meningkatkan suhu tubuhnya. Jika ingin menggunakan selimut, jangan yang tebal, gunakan selimut tipis saja.

Untuk anak yang masih mengkonsumsi ASI, maka berikan dalam jumlah sedikit lebih dari biasanya. Sedangkan untuk anak yang memiliki 1 tahun atau lebih bisa mengkonsumsi air putih, sari buah murni, atau es loli dari buah segar. Untuk makanannya, pastikan memberi makanan yang bersifat lunak.

Tujuannya agar si kecil lebih mudah mencerna makanan tersebut. Karena di saat kondisi demam disertai flu mengkonsumsi makanan sangatlah tidak nyaman. Tapi ingat, jangan memaksa si kecil menghabiskan makanan tersebut, pastikan saja si kecil mengkonsumsinya walau hanya beberapa sendok.

Jika ingin membersihkan diri, pastikan si kecil mandi dengan air hangat. Bisa juga memintanya berendam atau membasuh tubuhnya. Berikan pula terapi uap agar pernapasan si kecil bisa lebih nyaman dengan cepat. Dengan begitu, si kecil pun bisa istirahat dengan lebih tenang dan nyaman.

  • Berikan Termorex Plus obat yang efektif meredakan panas anak

Nah, setelah bunda melakukan beberapa pertolongan di atas, pastikan memberi obat yang efektif meredakan panas anak. Termorex Plus adalah sirup obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk dengan rasa jeruk yang disukai anak dan tanpa alkohol, sehingga aman untuk anak-anak.

 

Memberikan obat pada si kecil harus dengan pertimbang yang tepat. Seperti mempertimbangkan kegunaan dan tingkat keamanan dari obat tersebut. Selain itu, bunda juga bisa melakukan pertolongan pertama pada si kecil. Tujuannya untuk mengatasi gejalanya seperti demam agar cepat meredakan rasa tidak nyaman. Serta untuk meningkatkan kualitas tidurnya.

Tags:

Halaman