ARTIKEL

Ajarkan Menolak dan Berterima Kasih Bantu Lindungi Anak dari Penculikan

Feb 06, 2023 10:50am

Maraknya kasus penculikan anak membuat orang tua merasa cemas. Bunda sebagai orang tua perlu melindungi si kecil dengan mengajarkan cara bertahan serta membela diri. Salah satu caranya adalah dengan mengajarkan anak menolak pemberian orang asing.

Lalu bagaimana cara mengajarkan si kecil agar berani menolak dan mengatakan “tidak” dengan tegas? Untuk mengajarkan anak menjadi pemberani, Bunda perlu melakukannya secara bertahap. Selain itu, ajarkan juga penolakan yang santun agar si kecil memiliki kepribadian yang baik.

Beberapa cara ini bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan anak menolak pemberian orang tidak dikenal:

 

  • Berikan pemahaman sederhana

 

Permen, cokelat, dan makanan manis lainnya jadi cara ampuh merayu anak-anak. Namun, berikan pemahaman secara sederhana pada si kecil bahwa menerima hadiah dari orang lain tidak selalu baik. Jelaskan pada anak tentang bahaya penculikan anak dari hadiah berupa makanan dan minuman kesukaannya.

 

  • Ajarkan anak menolak pemberian orang tak dikenal

 

Mintalah anak untuk selalu berkata tidak serta menolak hadiah dari orang lain, terutama orang yang tidak dikenal. Meskipun Bunda tahu si kecil sangat menginginkannya, tetap ajarkan pada anak untuk tidak menerima pemberian orang asing.

 

  • Mengucap terima kasih sebagai bentuk penolakan

 

Tidak hanya menolak dan berkata tidak dengan tegas Bunda, ajarkan juga si kecil untuk mengucapkan terima kasih setelah berkata tidak. Selain lebih ampuh, ini juga menjadi salah satu cara Bunda mengajarkan anak sopan santun pada orang lain. 

 

  • Biasakan anak selalu mengutarakan keinginannya

 

Terapkan pada anak kebiasaan untuk selalu terbuka dan mengutarakan keinginannya pada orang tua. Jadi bila ada sesuatu yang diminatinya atau seseorang yang menawarkan hadiah kesukaannya, anak dapat terbuka dan jujur pada orang tua. 

 

  • Biasakan untuk meminta izin orang tua terlebih dahulu

 

Selain itu, ajarkan juga pada anak untuk selalu meminta izin pada orang tua. Terutama ketika ia mendapatkan tawaran hadiah atau ketika ada seseorang yang mengajaknya bermain di luar. 

Nah Bunda, itulah beberapa hal yang bisa bunda ajarkan agar anak berani menolak hadiah serta ajakan dari orang tak dikenal. Jangan lupa ajarkan si kecil mengucapkan “terima kasih” sekalipun ia menolak pemberian orang lain ya, Bunda.

Tags:

Halaman