ARTIKEL

Ajak Anak Melakukan 6 Olahraga Ini Agar Tetap Sehat

Apr 06, 2020 10:16am

Olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk senantiasa menjaga kesehatan serta meningkatkan sistem imun anak. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental anak serta dapat melatih berbagai macam kekuatan tubuh dan otot anak. Berikut rekomendasi beberapa olahraga anak yang dapat menjaga kesehatan serta memberikan manfaat yang beragam bagi anak Anda.

Renang

Berenang merupakan salah satu olahraga anak yang baik untuk melatih fleksibilitas tubuh, mengurangi inflamasi serta meningkatkan massa tulang dan otot anak. Selain itu, pernapasan dan jantung juga akan terlatih berkat renang. Bahkan, berdasarkan penelitian Arnold School of Public Health pada tahun 2009, orang yang rajin berenang memiliki risiko kematian 50% lebih rendah dibanding orang yang melakukan olahraga lainnya. Berenang juga dapat membuat anak lebih bisa mengontrol keseimbangan serta memperbaiki postur tubuh anak.

Bersepeda

Tidak hanya untuk melatih kekuatan otot kaki, namun bersepeda juga merupakan olahraga anak dengan manfaat yang beragam. Apalagi jika Anda mengajak seluruh keluarga Anda bersepeda bersama, hal itu pasti dapat memperkuat bonding antara Bunda dan anak. Bersepeda juga dapat membuat anak merasa lebih percaya terhadap diri sendiri dan mampu melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, bersepeda juga bisa membuat anak bertemu dengan teman sebayanya sehingga dapat melatih kemampuan bersosialisasi anak.

 

Lari

Berlari merupakan salah satu olahraga anak yang termudah untuk dilakukan, karena Anda hanya perlu mempersiapkan sepatu lari dan pakaian yang nyaman untuk anak Anda. Dengan melakukan olahraga lari secara teratur, maka jantung anak pun akan senantiasa sehat. Selain itu, seluruh otot tubuh terutama kaki akan lebih kuat. Anak pun akan dapat dengan mudah menyeimbangkan tubuh, mengkoordinasikan bagian tubuh serta dapat menambah fleksibilitas tubuh. Saat berlari di luar, anak juga akan bertemu banyak orang yang tentunya bagus untuk melatihnya bersosialisasi dengan orang lain.

Sepak Bola

Hampir semua anak laki-laki pasti menyukai olahraga yang satu ini. Jika anak Anda berminat, Anda bisa mendaftarkan anak ke sekolah sepakbola terdekat agar anak bisa bermain sepakbola dengan teman-teman lainnya. Selain melatih koordinasi dan ketahanan jantung, sepak bola juga mampu melatih kedisiplinan anak, melatih kemampuan bersosialisasi serta mampu mengajarkan anak tentang sportivitas dalam dunia olahraga.

Basket

Olahraga anak yang satu ini merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia. Dengan berlatih basket, anak akan belajar untuk disiplin dan melakukan kerjasama tim, sehingga anak pun akan dapat bersosialisasi dengan teman satu kelompok basketnya. Selain itu, berlatih basket akan melatih koordinasi antara mata, tangan dan kaki, serta melatih rasa percaya diri serta berlatih untuk menjalankan permainan secara fair dan adil. Anak pun akan belajar tentang sportivitas dengan sendirinya.

Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu jenis martial arts yang populer di Indonesia. Di luar negeri sendiri, terdapat kesenian bela diri serupa pencak silat seperti karate yang berasal dari Jepang dan taekwondo yang berasal dari Korea. Jika anak Anda bisa memasukkan anak ke klub pencak silat agar anak bisa berlatih dengan benar serta didampingi oleh ahli. Olahraga anak ini dapat melatih daya tahan tubuh, otot, koordinasi, serta kedisiplinan anak karena anak akan senantiasa belajar hal baru setiap mengikuti kelas pencak silat. Selain itu, anak juga akan belajar bersosialisasi dengan teman sebaya yang memiliki minat yang sama.

Itulah beberapa rekomendasi olahraga anak yang dapat dijadikan pilihan untuk melatih daya tahan tubuh dan menjaga anak agar tetap sehat. Dengan mengajarkan anak untuk menyukai salah satu bidang olahraga yang diminati, hal itu akan sangat bermanfaat sebagai hobi kelak saat anak Anda sudah besar. Bahkan, jika Anda melihat potensi yang besar pada anak Anda, Anda bisa mendukungnya untuk menjadi atlit untuk menekuni olahraga anak tersebut yang pastinya akan bermanfaat di kemudian hari.

 

Tags:

Halaman