ARTIKEL

Agar Anak Aktif Tetap Sehat, Pastikan Nutrisinya Tercukupi ya, Bun!

Sep 26, 2021 10:34am

Punya anak yang aktif dan sehat memang jadi hal yang paling didambakan ya, Bunda. Sepertinya, setiap hari ada saja kegiatan yang si kecil lakukan. Sebagai seorang ibu, pasti ada rasa khawatir juga apakah nutrisi yang diberikan untuk anak sudah sesuai dengan kebutuhan hariannya?

 

Bunda, anak yang aktif memang perlu lebih banyak energi untuk beraktivitas. Karena itu,  pastikan kebutuhannya terpenuhi dengan kandungan nutrisi ini:

 

Karbohidrat

Asupan karbohidrat memang dikenal bagus untuk kebutuhan nutrisi anak. Tapi, manfaat karbohidrat ternyata bukan hanya itu saja. Karbohidrat ternyata juga bagus untuk menjaga stabilitas emosi si kecil, lho. Bunda bisa memilih sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti nasi merah atau roti gandum.

 

Protein

Protein sangat bagus untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak. Nutrisi ini sangat penting untuk anak yang aktif bergerak, Bun. Beberapa makanan sumber protein antara lain makanan hewani, kacang-kacangan, dan susu. Jumlah protein yang dibutuhkannya adalah sekitar 1- 2 gram protein per berat badan.

 

Kalsium

Kalsium dikenal bagus untuk menguatkan tulang. Di masa pertumbuhannya, si kecil perlu lebih banyak kalsium agar pertumbuhan tulang lebih maksimal. Sumber kalsium yang baik antara lain adalah susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt. Makan dari sayuran berdaun hijau pekat seperti brokoli dan bayam juga punya kandungan kalsium yang tinggi.

 

Zat Besi

Jaga stamina si kecil saat aktif bergerak dengan menambahkan menu makanan kaya zat besi. Makanan kaya zat besi di antaranya adalah daging, kacang-kacangan, dan buah bit. Zat besi bermanfaat untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga membantu si kecil agar tidak kelelahan setelah beraktivitas seharian.

 

Vitamin C & E

Vitamin C dan E punya peran besar dalam memperkuat sistem imunitas tubuh. Apalagi di kondisi pandemi seperti ini, vitamin C juga berguna untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Sementara vitamin E bagus untuk antioksidan dan membantu melancarkan proses distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

 

Vitamin B

Vitamin B berperan penting dalam metabolisme tubuh, apalagi kalau si kecil aktif bergerak setiap hari. Diketahui juga kalau beberapa jenis vitamin yang tergolong dalam kelompok vitamin B berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Nah, Bunda bisa mendapatkan vitamin B dari makanan berasal dari susu, gandum, ikan, dan sayur-sayuran hijau.

 

Kandungan nutrisi di atas sangat diperlukan si kecil dalam masa aktifnya. Pastikan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil ya, Bunda. Selain nutrisi, kebersihan makanan dan kebersihan tangan  si kecil juga perlu jadi perhatian.Tanah dan kotoran yang menyelip di kuku bisa menjadi tempat untuk telur cacing. Jika tertelan, bisa membuat si kecil jadi cacingan.




Orang dewasa dan anak-anak bisa menjadi pembawa cacingan, oleh karena itu direkomendasikan untuk minum obat cacing keluarga Konvermex rutin setiap 6 bulan sekali bersamaan seluruh anggota keluarga.

 

Konvermex mengandung bahan aktif Pyrantel Pamoate yang melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar. Konvermex 125 untuk anak tersedia dalam bentuk sirup rasa jeruk dan tablet. Sedangkan Konvermex 250 untuk dewasa tersedia dalam sediaan sirup rasa vanilla latte dan kaplet.

 

Konvermex digunakan untuk pengobatan cacingan yang disebabkan oleh parasit saluran pencernaan seperti cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang Ancylostoma duodenale, cacing tambang Necator americanus, dan cacing Trichostrongylus colubriformis dan Orientalis.

 

Konvermex bisa Bunda dapatkan di official store Konimex, Konimex E-Store, dan apotek terdekat dari rumah Bunda.

Tags:

Halaman