ARTIKEL

5 Cara Menjaga Si Kecil Agar Tetap Sehat di Musim Kemarau

Jul 25, 2019 6:34pm

Karena masih berada dalam proses pertumbuhan, tubuh si kecil lebih rentan terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Perubahan musim yang sulit ditebak juga sangat mempengaruhi daya tahan tubuh si kecil. Tidak hanya musim hujan, selama musim kemarau pun si kecil bisa mengalami beragam penyakit, terutama pada saluran pernapasannya, mengingat selama musim kemarau cuaca panas membuat debu lebih mudah bertebaran.

Alih-alih melarang si kecil beraktivitas di luar ruangan, beberapa cara sehat ini bisa Bunda terapkan demi menjaga kesehatan tubuhnya selama musim kemarau. Seperti apa? Berikut ulasan selengkapnya.

 

Berikan ASI

Apabila si kecil berusia kurang dari dua tahun dan masih menyusu, sebaiknya Bunda tetap memberikan ASI eksklusif untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Diketahui ASI memiliki kandungan zat antibodi yang cukup tinggi, sehingga membantu tubuh si kecil melawan serangan virus dan bakteri penyebab penyakit tertentu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ASI adalah minuman terbaik yang bisa Bunda berikan untuk si kecil demi menjaga tubuhnya tetap sehat di segala musim.

 

Perbanyak asupan sayur dan buah

Cara sehat menjaga daya tahan tubuh si kecil selanjutnya yaitu pastikan asupan vitamin tercukupi dengan baik setiap harinya. Hal ini dikarenakan vitamin mampu menjaga tubuh si kecil dari serangan penyakit yang berasal dari perubahan cuaca. Daya tahan tubuh pun membaik jika Bunda memberi si kecil cukup banyak sayur dan buah. Bunda dapat mencampurkan sayur ke dalam hidangan sup serta memberikan buah-buahan, seperti apel dan jeruk yang kaya akan vitamin C dan baik untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil selama musim kemarau.

 

Tidur selama 8 – 10 jam per hari

Tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, si kecil yang kurang tidur juga bisa mengalami penurunan daya tahan tubuh, sehingga risiko terkena penyakit selama musim kemarau meningkat. Untuk itu, alternatif cara sehat yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memastikan bahwa si kecil tidur selama 8 – 10 jam dalam satu hari. Selain dapat meningkatkan stamina tubuhnya, tidur yang cukup juga mendukung tumbuh kembang si kecil secara optimal baik secara fisik maupun psikisnya.

 

Rutin olahraga

Olahraga sudah tentu menjadi cara sehat menjaga tubuh dari serangan infeksi penyakit di musim apa saja. Nah, inilah yang membuat Bunda harus secara rutin mengajak si kecil berolahraga ringan di rumah. Tidak perlu terlalu lama, cukup 30 menit dalam sehari pun sudah cukup. Bunda bisa mengajak si kecil jogging atau bersepeda di sekitar rumah. Berjalan santai di pagi hari juga sangat dianjurkan, lho! Pastikan si kecil tidak merasa terpaksa selama berolahraga agar ia tetap bisa menikmati aktivitas yang dilakukan tersebut.

 

Membiasakan cuci tangan dengan benar

Kuman yang bersarang di tangan dan kaki bisa menjadi pemicu munculnya penyakit di musim kemarau. Untuk itu, sebaiknya Bunda selalu membiasakan si kecil mencuci tangan dengan benar setiap saat setelah bermain, sebelum makan, serta sebelum tidur. Dengan cara sehat yang satu ini, si kecil dapat lebih terlindungi secara maksimal dari serangan kuman dan bakteri penyebab penyakit apapun.

 

Bunda, itulah tadi beberapa cara sehat melindungi tubuh si kecil dari serangan penyakit selama musim kemarau. Di samping cara-cara tadi, Bunda tentu harus tetap menjaga lingkungan di sekitar si kecil tetap bersih. Dengan demikian, tubuhnya lebih terlindungi dari kuman dan bakteri selama musim kemarau. Semoga bermanfaat, ya!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait