ARTIKEL

5 Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi dengan Cara yang Menyenangkan

Jun 24, 2019 2:57pm

Setiap kali Bunda ingin mengajarkan si Kecil melakukan sesuatu, tentu Bunda harus melakukan dengan cara yang menyenangkan, bukan? Dengan begitu, akan lebih mudah bagi si Kecil untuk menerapkan apa yang sudah Bunda ajarkan. Termasuk ketika Bunda ingin mengajarkan anak sikat gigi, melakukannya dengan cara menyenangkan bisa membuat anak lebih mudah belajar. Lantas, bagaimana cara mengajarkan anak sikat gigi dengan cara yang menyenangkan? Yuk, Bunda, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

1. Berikan anak hadiah

Memberikan hadiah pada anak adalah salah satu cara mengajarkan anak sikat gigi dengan cara menyenangkan yang efektif. Anak-anak suka hadiah, jadi jika Bunda menjanjikannya hadiah bila rutin menyikat gigi, kemungkinan besar ia akan melakukannya. Sebagai simbol penghargaan, Bunda bisa menaruh stiker lucu di kalender si Kecil karena setiap hari sudah menjalankan kebiasaan menggosok gigi. Bunda bisa mengajaknya makan es krim bersama sebagai hadiah. Bermula dari hadiah, lambat laun ia akan terbiasa sendiri.

 

2. Beri contoh

Anak tidak belajar dari apa yang Bunda katakan, namun apa yang Bunda lakukan. Jadi, bila Bunda ingin mengajarkan anak sikat gigi, ajarkanlah melalui tindakan. Anak yang suka meniru tingkah laku orang dewasa akan melihat kebiasaan Bunda rutin menggosok gigi setiap hari dan mulai tertarik untuk melakukannya sendiri. Bunda bisa menggosok gigi di hadapan anak agar ia dapat meniru aktivitas tersebut. Dengan cara ini, Si Kecil juga bisa bunda ajari cara menggosok gigi yang tepat. Gosoklah gigi bersama Si Kecil agar aktivitas ini jadi lebih menyenangkan.

 

3. Beri tontonan yang mengedukasi

Anak tidak hanya dapat meniru aktivitas yang Bunda lakukan secara langsung, namun juga apa yang ia tonton. Jadi, Bunda bisa mempertimbangkan untuk memberinya tontonan yang mengedukasi tentang pentingnya menggosok gigi. Misalnya melalui sejumlah video kartu bertema kesehatan gigi, termasuk cara menggosok gigi dengan benar. Dikemas dalam bentuk tontonan kartun yang seru, akan lebih mudah bagi Si Kecil untuk memahami pentingnya aktivitas menggosok gigi. Besar pula kemungkinan ia ingin meniru aktivitas tokoh kartun favoritnya.

 

4. Memberikan anak kesemaptan memilih sikat dan pasta gigi sendiri

Anak punya selera yang mungkin berbeda dengan orang tua. Jadi, Bunda bisa membiarkan Si Kecil untuk memilih sikat dan pasta giginya sendiri agar ia lebih bersemangat untuk gosok gigi. Bunda bahkan bisa membuat gosok gigi dan pasta gigi dengan gambar tokoh kartun kesukaannya agar ia bisa menggosok gigi dengan lebih semangat. Dengan memberikan kebebasan bagi Si Kecil untuk memilih pasta dan sikat giginya sendiri, Bunda bisa membuat janji dengannya untuk rajin menyikat giginya setiap hari. Cara ini cukup efektif untuk Bunda coba.

 

5. Ajari anak lewat permainan lagu

Hampir semua anak-anak suka bermain, tentunya hal ini juga berlaku untuk anak Bunda. Nah, Bunda bisa mengajarkan anak sikat gigi lewat permainan. Jika ia suka bernyanyi, lewat lagu juga memungkinkan. Bunda bisa membuat lakon mengenai pentingnya menggosok gigi dengan boneka. Untuk menarik perhatian Si Kecil, Bunda juga bisa membuat lagu pentingnya menggosok gigi buatan sendiri. Mengajak Si Kecil bernyanyi sambil menggosok gigi bisa membuat aktivitas ini lebih menyenangkan. Semakin kreatif cerita dan lagu yang Bunda buat, semakin tertancap pula pengetahuan dan ketertarikan anak terhadap kegiatan menggosok gigi.

 

Nah, itulah beberapa cara mengajarkan anak sikat gigi dengan cara yang menyenangkan yang harus Bunda ketahui. Dengan cara-cara menyenangkan di atas, Si Kecil pun dapat lebih mudah untuk belajar cara menyikat gigi dengan benar. Semoga bermanfaat!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait