ARTIKEL

5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Feb 26, 2021 10:23am

Si kecil terus-terusan menangis?  Coba cek bagian tubuh tertentu seperti kening dan perutnya. Bila keningnya terasa hangat, bisa saja bayi mengalami demam. Namun, bila perutnya terasa keras, sering bersendawa, hingga sulit buang air, itu tandanya bayi mengalami perut kembung. Perut kembung ini menyebabkan bayi menjadi rewel karena tidak nyaman.

 

Penyebab kembungnya pun bermacam-macam, bisa karena kurang minum, makanan yang mengandung banyak gas, bahkan karena menangis terlalu lama. Jangan panik dulu, Bunda! Mari simak 5 cara alami mengatasi perut kembung pada bayi tanpa obat dan tentunya lebih aman. Apa saja, ya?

 

Pijat lembut dengan minyak telon

Langkah pertama dalam mengatasi perut kembung pada bayi adalah memijatnya dengan minyak telon. Bagian perut menjadi bagian yang paling tidak nyaman bagi si kecil. Bunda bisa mencoba memijatnya dengan lembut dengan menggunakan minyak telon. Gerakan pijatannya membuat perut menjadi lebih tenang. Minyak telon akan memberikan efek hangat yang harum menenangkan di kulit bayi. Untuk sensasi yang lebih hangat, Bunda bisa memakai minyak telon yang mengandung eucalyptus atau bahan utama minyak kayu putih.

 

Tepuk lembut punggung bayi

Salah satu penyebab si kecil kembung adalah karena Bunda lupa membantu bayi bersendawa sehabis makan atau menyusui. Biasanya, usai makan MPASI atau minum ASI, tak jarang ada angin yang terperangkap dalam perut dan tidak dapat mereka keluarkan dengan sendirinya.

 

Untuk mengatasi perut kembung pada bayi, Bunda bisa menepuk bagian punggungnya secara lembut. Posisikan tubuh bayi menghadap Anda atau tempelkan perut bayi ke bagian dada Bunda. Setelah posisinya sudah benar, Bunda bisa tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut. Ingat, posisi bayi harus benar agar angin bisa keluar. Tepuk-tepuk lembut sampai si kecil bersendawa.


Minum air hangat

Penyebab bayi kembung lainnya adalah bayi kurang minum air putih. Untuk itu, Bunda bisa memberikan si kecil air hangat untuk mengatasi perut kembung. Cara ini digunakan untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang baru lahir atau bayi yang baru berusia satu bulan. Tentunya, cara ini lebih aman dan tentunya tanpa takut ada efek samping.

 

Jika bayi Bunda berusia 6 bulan ke atas dan sudah mengkonsumsi MPASI, air hangat bisa digunakan untuk kompres perut dan punggungnya. Cukup siapkan air hangat dengan handuk, peras handuk, lalu tempelkan di area perut dan punggungnya.

 

Ajak bayi bermain agar ia aktif bergerak

Cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah mengajak mereka bermain. Cara ini bertujuan agar mereka jadi lebih aktif bergerak. Bayi yang aktif bergerak dapat membuat angin yang terperangkap dalam perut keluar secara alami. Selain itu, mengajak mereka bermain bisa membuat mereka lupa akan perut kembung yang membuat mereka tidak nyaman.


Mandi air hangat

Jika langkah-langkah di atas belum cukup mengatasi perut kembung pada bayi, Bunda bisa memandikan mereka dengan air hangat. Memang, cara ini tidak bisa mengeluarkan gas dari dalam perut bayi, tetapi air hangat memberikan efek relaksasi pada si kecil. Ingat, jangan memandikan mereka terlalu lama agar bayi tidak masuk angin. Setelah mandi dengan air hangat, segera baringkan di atas handuk untuk menghangatkan badan usai terkena air. Balurkan minyak telon secara merata ke bagian tubuh, leher, tangan dan kaki. Dengan membalurkan minyak telon ini, Bunda juga membantu memberikan kehangatan ekstra pada bayi kembung.

 

Langkah-langkah di atas dipercaya dapat mengatasi perut kembung secara alami tanpa menggunakan obat. Apalagi obat bisa memberikan efek samping buruk jika bayi memiliki alergi tertentu dalam bahan-bahan obat yang dikonsumsi. Untuk informasi mengenai kesehatan anak, Bunda bisa mengunjungi Panduan Bunda. Ada banyak informasi bermanfaat seputar parenting, kesehatan anak, saran dokter, hingga apa saja yang harus dilakukan bagi Bunda siaga yang menanti kedatangan si kecil. Jangan lupa untuk registrasi email untuk mendapatkan informasi seputar parenting dengan cepat. Yuk, kunjungi Panduan Bunda hanya dengan klik link di sini.

Tags:

Halaman