ARTIKEL

5 Aplikasi Anak yang Edukatif dan Menyenangkan

Sep 29, 2020 9:56am

Keterbatasan ruang serta aturan untuk tetap berada di rumah jelas akan membuat si kecil merasa cepat bosan. Apabila si kecil sudah bosan dengan mainan-mainan yang ia punya, Bunda bisa mengajarkannya cara bermain gadget dengan positif, yakni dengan menggunakan aplikasi-aplikasi anak.

 

Selain bermain, anak pun juga bisa belajar menggunakan aplikasi anak berikut ini, lho! Ini dia 5 rekomendasi aplikasi anak yang seru serta membantu si kecil untuk belajar banyak hal.

 

Aplikasi mewarnai

Anak-anak biasanya sangat senang menggambar dan mewarnai, terutama di usia 4-8 tahun di mana kreativitasnya sedang sangat berkembang. Alih-alih menyiapkan kertas, krayon, spidol warna, atau pensil warna, Bunda bisa mengajaknya untuk mewarnai dengan menggunakan aplikasi anak seperti Pinkfong Kids Coloring Fun di gadget.

 

Aplikasi ini juga akan memudahkan Bunda untuk mengatasi anak yang bosan ketika sedang bepergian. Nah, Pinkfong sendiri merupakan sebuah brand asal Korea Selatan yang sudah sangat terkenal di kalangan anak-anak, terutama karya lagunya yang berjudul “Baby Shark”. Dalam aplikasi ini, terdapat 220 halaman untuk mewarnai, lengkap dengan tambahan glitter dan stiker lucu.

 

Aplikasi belajar membaca

Bunda, anak-anak sudah siap belajar membaca sejak usia 3-4 tahun. Mulai dengan memperkenalkan huruf abjad, baru kemudian belajar phonetics dan membaca per suku kata. Trik untuk mengajarkan anak membaca adalah dengan menggunakan huruf dan angka berwarna-warni.

 

Kalau Bunda bingung mengenai cara mengajarkan anak membaca, Bunda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi anak. Kelebihannya, aplikasi anak seperti Marbel dan ABC Belajar Membaca memiliki visual, animasi, serta audio yang menarik bagi anak-anak. Materi dikemas layaknya mini games, sehingga si kecil pun lebih merasa seperti bermain ketimbang belajar.

 

Kedua aplikasi ini bisa Bunda unduh di gadget Android dan iOS. Si kecil bisa belajar bagaimana cara melafalkan setiap huruf, belajar huruf vokal dan konsonan, mengenal suku kata, serta kosakata baru.

 

Aplikasi belajar bahasa asing

Untuk si kecil yang sudah mulai lancar membaca, Bunda juga bisa mulai mengajarkannya bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Kapan waktu terbaik untuk mengajarkan anak bahasa asing? Bunda sudah bisa memperkenalkan bahasa asing kepada si kecil sejak usia 4 tahun. Banyak juga TK dan PAUD yang sudah memasukkan pelajaran bahasa Inggris dan/atau bahasa Mandarin ke dalam kurikulum.

 

Bunda bisa membekali kemampuan berbahasa asing si kecil dengan aplikasi anak. Kini, sudah tersedia banyak sekali aplikasi anak yang bisa digunakan untuk belajar bahasa asing, seperti Duolingo dengan UI yang sederhana dan mudah dimengerti, serta aplikasi bernama Belajar Bahasa Inggris dengan gambar animasi kartun.

 

Kelebihan dari dua aplikasi anak ini adalah tidak adanya teori yang biasanya akan membuat anak cepat bosan. Si kecil bisa langsung mengenal kosakata bahasa asing, pelafalannya, dan lain sebagainya. Cara menggunakannya juga layaknya permainan, jadi anak pun tidak cepat bosan.

 

Aplikasi berhitung

Banyak anak-anak yang kurang menyukai pelajaran matematika karena dianggap sulit. Tetapi, Bunda bisa mengajarkan anak cara berhitung dengan cara yang lebih menyenangkan, yakni melalui aplikasi anak. Aplikasi anak untuk mengajarkan matematika biasanya menggunakan warna-warna terang, animasi, serta suara yang menarik perhatian.

 

Selain itu, aplikasi anak seperti Quick Maths mengajarkan matematika bukan dengan soal yang rumit, tetapi dengan contoh kasus yang mengasah logika anak. Alih-alih memberikan soal seperti “3+2 = ?” aplikasi ini meminta anak untuk berhitung berapa jumlah monster yang ada di layar gadget.

 

Aplikasi tontonan video anak

Salah satu kegiatan favorit anak adalah menonton, entah itu kartun atau tayangan favorit lainnya. Supaya anak bisa dipastikan hanya menonton konten anak kecil, maka Bunda perlu mengunduh aplikasi-aplikasi anak seperti YouTube Kids, PBS Kids Video, dan Nussa and Friends. Ketiga aplikasi anak ini hanya memuat konten yang aman ditonton oleh anak-anak, bebas dari konten dewasa.

 

Hebatnya lagi, aplikasi-aplikasi anak ini juga gratis, jadi Bunda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya subscription. Aplikasi anak Nussa and Friends juga merupakan karya anak bangsa, di mana si kecil bisa menonton seluruh episode kartun petualangan Nussa dan Rara secara gratis.

 

 

Meta desc: Selain bermain, anak pun juga bisa belajar menggunakan aplikasi anak berikut ini, lho! Ini dia 5 rekomendasi aplikasi anak yang seru serta membantu si kecil untuk belajar banyak hal.

Tags:

Halaman