ARTIKEL

3 Penyakit Yang Mudah Menular Di Sekolah Dan Cara Pencegahannya

Aug 13, 2018 2:46pm

Sekolah bisa menjadi salah satu tempat yang membuat si kecil rentan tertular penyakit. Ruang kelas yang tertutup dan jarang mendapakan sirkulasi udara misalnya, dapat membuat bakteri berkembang biak, ketika ada satu anak yang sakit maka akan sangat mudah menularkan pada yang lainnya,  untuk itu kebersihan area lingkungan sekolah wajib diperhatikan.  Berikut 3 jenis penyakit yang mudah sekali menular disekolah

 

Difteri

 

Difteri adalah penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium diphteriae dan dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak jika tidak ditanganin secara cepat. Difteri memiliki masa inkubasi dua hari hingga lima hari dan akan menular selama dua minggu hingga empat minggu, dapat menyebar melalui udara saat penderita difteri, bersin atau batuk, menggunakan alat pribadi bersamaan seperti gelas dan dapat menular juga melalui luka terbuka. Penderita yang telah terinfeksi bakteri difteri namun belum mendapat pengobatan dapat menulari orang sekitarnya yang daya tahan tubuhnya lemah dalam waktu 6 minggu meski dirinya sendiri tidak menunjukkan gejala apapun.

 

Pencegahan dari Difteri:

 

Mencegah dan memutus mata rantai penyebaran difteri dapat dilakukan dengan imunisasi difteri secara lengkap.  Mulailah waspada jika melihat selaput putih kotor ketika mulut dibuka, merasa sakit pada tenggorokan dan suara serak, sulit bernafas, pembengkakan kelenjar getah bening, demam dan menggigil.


Tags:

Halaman