Tips Sehat Agar Si Kecil Tidak Mudah Sakit

Aug 31, 2016 2:05pm

Pada hari Senin kali ini, ada yang berbeda! Sasha bangun tanpa menangis. Hari ini Sasha mulai masuk sekolah dasar. Sasha sangat bersemangat, setelah mandi ia langsung memakai baju seragam dan duduk manis di meja makan untuk sarapan. Setelah sarapan selesai, tak lupa Sasha minum susu dan bergegas memakai sepatunya!

 

Ketika si kecil mulai sekolah, mungkin kebanyakan orang tua merasa khawatir apakah si kecil dapat mengikuti kegiatan sekolah dengan baik, bagaimana ia berinteraksi dengan teman-teman barunya, atau mungkin khawatir jika si kecil tidak nyaman dengan suasana di sekolah. Terlebih lagi jika si kecil menjadi mudah lelah atau sakit karena kegiatan di sekolah yang padat. Disinilah peran orang tua sangat penting agar anak-anak tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

 

Pentingnya asupan nutrisi sehari-hari.

Asupan nutrisi hariannya merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan anak. Apakah menu sarapan si kecil sudah mengandung nutrisi yang lengkap untuk menjalani aktivitasnya? Pastikan ada kandungan karbohidrat, protein dan serat yang cukup ya Bun. Nah biasanya anak-anak banyak yang tidak suka sayur, Bunda dapat menyiasatinya dengan mencampur sayuran dengan makanan kesukaannya sehingga bentuk dari sayuran tidak terlihat lagi.

 

Hindari makan dan minuman manis berlebihan

Coklat dan minuman manis lainnya apabila berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan si kecil. Untuk itu, penting untuk membatasi konsumsi keduanya terutama mendekati masuk sekolah. Susu dan yogurt dapat menjadi pilihan yang lebih sehat untuk si kecil. Tentu saja dengan memilih rasa yang disukai si kecil.

 

Istirahat dan waktu tidur yang cukup

Aktivitas di sekolah tentu sudah menguras tenaga sang anak. Pertumbuhan dan produktivitas, serta perkembangan fisik dan mental anak sangat dipengaruhi oleh tidur yang cukup karena pada saat tidur itulah tubuh akan mengisi ulang energi dan beregenerasi. Waktu tidur untuk anak-anak yang ideal adalah 9-13 jam, tergantung usia mereka. Kurangnya istirahat dapat mempenggaruhi konsentrasi si kecil saat di sekolah, tubuh lemas, dan sering mengantuk.

 

Olahraga secukupnya

Kegiatan outdoor tentu menjadi kegiatan yang menarik untuk si kecil. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun harus berolahraga walau hanya olahrga ringan saja. Jika tubuh si kecil aktif, otomatis aliran darah menjadi lancar sehingga sari makanan dapat dibawa ke seluruh tubuh dengan baik. Ajaklah si kecil ke luar rumah agar ia dapat berolahraga, misalnya dengan naik sepeda mengelilingi perumahan atau taman, bermain di taman terdekat. Aktifitas fisik yang cukup dan rutin tentu akan membuat si kecil tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya. Dengan rutinitas ini bunda juga dapat meningkatkan kualitas waktu bersama si kecil.

 

Tingkatkan daya tahan tubuh

Sistem imun tubuh si kecil yang belum sempurna membuat si kecil rentan terhadap berbagai penyakit. Daya tahan tubuh yang baik dapat ditingkatkan dengan pemberian multivitamin pada si kecil. Multivitamin bisa bunda dapatkan dengan pemberian buah dan sayuran serta madu. Seperti yang sudah kita ketahui, madu kaya akan manfaat seperti kandungan anti virus, anti kuman dan kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Dengan daya tahan tubuh yang baik, otomatis si kecil akan terlindungi dari berbagai penyakit.

 

Lakukan ke-5 tips di atas untuk menjaga si kecil agar tidak mudah terserang penyakit dan dapat mengikuti aktivitas belajar di sekolah dengan baik. Hari pertama sekolah merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh anak. Jangan biarkan si kecil terganggu kesehatannya sekecil apapun ya bunda!

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: