Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Demam Berdarah

Sep 14, 2016 12:26am

Penyakit demam berdarah (DBD) masuk kedalam golongan penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk melalui peredaran darah yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Umumnya penyakit demam berdarah terjadi pada daerah tropis dan subtropis terutama di musim hujan yang lembab.

 

Sampai sekarang belum ada vaksin atau obat anti virus untuk penyakit ini, oleh karena itu Bunda harus waspada. Adapun gejala-gejala yang ditimbulkan bila si kecil terkena penyakit demam berdarah diantaranya :

 

  • Tampak bintik-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
  • Mendadak panas tinggi selama 2-7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38 derajat celcius sampai 40 derajat celcius atau lebih.
  • Tubuh mengigil, muntah serta hilangnya nafsu makan
  • Terjadi pendarahan ringan dari gusi dan hidung. Gejala ini umumnya terjadi pada 4 hingga 10 hari setelah anak digigit nyamuk yang terinfeksi virus dengue.
  • Jika sudah parah bisa terjadi pendarahan di hidung bahkan terjadi muntah darah atau buang air besar disertai darah.

 

Jika si kecil menampakkan gejala diatas Bunda tidak perlu panik. Bunda dapat memberikan pertolongan dengan memberikan si kecil asupan cairan yang cukup agar tubuhnya tidak dehidrasi, pastikan di kecil dapat beristirahat & kenakan si kecil pakaian yang tipis dan nyaman. 

 

Untuk meredakan panas demam karena demam berdarah Bunda harus pilih obat yang hanya mengandung PARACETAMOL karena sangat aman dan tidak menyebabkan pengencerah darah, selain itu juga tidak menyebabkan iritasi pada lambung.

 

Jika dalam 3-4 hari demam si kecil tak kunjung turun, segeralah ke dokter untuk pengangganan lebih lanjut.

 

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: