ARTIKEL

Si Kecil Terpapar Covid, Apa yang Perlu Dilakukan?

Apr 11, 2022 9:24am

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terserang virus Covid. Bahkan anak-anak lebih rentan terserang berbagai macam penyakit termasuk Covid karena daya tahan tubuhnya yang masih berkembang dan terbilang lemah. Apalagi jika anak-anak sering berdekatan dengan teman atau anggota keluarga yang lebih banyak berkegiatan di luar rumah.

Banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah anak terpapar virus Covid. Seperti mengajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dengan benar serta memakai masker saat keluar rumah. Namun bukan tidak mungkin anak akan terpapar virus Covid meski di rumah saja. Kontak erat dengan anggota keluarga yang bekerja atau beraktivitas di luar rumah memungkinkan si kecil terpapar virus Covid. Ini beberapa hal yang perlu Bunda lakukan jika menemukan si kecil terpapar Covid:

  1. Kenali dan Catat Gejala yang Muncul

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui gejala yang muncul dan dialami si kecil. Perhatikan dengan cermat apa saja gejala yang dialami anak, seperti demam, batuk, flu, pilek, nyeri tenggorokan, atau bahkan sesak napas serta kehilangan indera penciuman dan pengecap. Diare dan masalah pencernaan lainnya juga bisa jadi tanda si kecil terpapar Covid.

  1. Segera Lakukan Test PCR untuk Mengetahui Kondisi Anak

Jika muncul beberapa gejala tersebut, segera lakukan test PCR untuk mengetahui kondisi anak. Tetap terapkan protokol kesehatan baik hasilnya positif maupun negatif. Serta pantau terus gejala yang dialami anak setiap harinya.

  1. Konsultasi ke Dokter Anak dan Berikan Catatan tentang Gejala yang Dialami

Untuk lebih memastikan kondisi kesehatan anak, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Informasikan seluruh gejala yang dialami si kecil pada dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Lakukan Isolasi Mandiri

Bila si kecil hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan pilek, Bunda bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Sediakan semua keperluan dan kebutuhan si kecil di rumah. Berikan si kecil makanan bergizi untuk membantu mempercepat pemulihannya. Sediakan juga mainan atau makanan kesukaan anak agar ia tidak bosan selama isolasi mandiri di rumah.

  1. Jaga Kondisi Kesehatan Anggota Keluarga Lain dengan Menggunakan Double Mask di Rumah

Meskipun anak hanya mengalami gejala ringan, Bunda perlu waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan di rumah. Ingatkan seluruh anggota keluarga untuk menggunakan masker serta mencuci tangan dengan sabun dan air usai beraktivitas untuk menjaga kesehatan.

Covid bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Karena itu sangat penting untuk memberikan pemahaman tentang penyakit ini ke seluruh anggota keluarga dan memastikan semuanya (termasuk pengasuh dan pekerja di rumah) untuk menaati protokol kesehatan saat beraktivitas.

Tags:

Halaman