Serba-Serbi Imunisasi

Apr 27, 2018 4:12pm

Untuk dapat menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas, dipengaruhi berbagai macam faktor, salah satunya imunisasi. Imunisasi merupakan salah satu kebutuhan dasar anak agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit menular. Imunisasi merupakan salah satu proses untuk membuat seseorang kebal atau memiliki imunitas terhadap penyakit infeksi menular, umumnya dengan pemberian vaksin (vaksinasi). Vaksin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan penyakit-penyakit infeksi berbahaya dan mencegah sakit berat, cacat, bahkan kematian. Dengan imunisasi, dari tahun ke tahun angka kejadian penyakit menular semakin berkurang di seluruh dunia.

Apakah Imunisasi aman?

Imunisasi diberikan sejak bayi lahir hingga usia dewasa bahkan lansia. Para peneliti telah melakukan riset sejak beratus-ratus tahun lalu agar didapatkan vaksin yang efektif dan aman untuk digunakan di seluruh dunia. Hampir seluruh negara telah melaksanakan imunisasi dan telah dinyatakan aman oleh badan pengawas resmi di tiap negara. Hingga tahun ini, berbagai macam penyakit menular berbahaya telah dapat dicegah oleh imunisasi, bahkan di beberapa negara telah dinyatakan bebas dari penyakit tertentu. Seperti di Indonesia, pada tahun 2014 Indonesia telah dinyatakan bebas polio oleh badan kesehatan dunia WHO.

 

 

Penyakit apa saja yang dapat dicegah dengan imunisasi?

Penyakit-penyakit yang dapat dicegah imunisasi yaitu polio, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis A dan B, tuberkulosis, pneumonia (infeksi paru), radang selaput otak, influenza, tifoid, campak, mumps, rubella, diare karena rotavirus dan cacar air. Penyakit-penyakit tersebut sangat menular dan dapat menyebabkan kecacatan berat atau kematian. Misalnya polio dapat menyebabkan lumpuh layu, difteri dapat menyebabkan penyumbatan saluran napas hingga gagal jantung, campak dapat menyebabkan infesi paru dan otak, dan lain sebagainya.


Halaman:

Recommended Article


Our Channels: